kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Konsumsi BBM dan LPG Diprediksi Melonjak Jelang Lebaran

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi memprediksi adanya kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada momen libur hari raya idul fitri mendatang.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto mengatakan pihaknya memastikan dan menjamin ketersediaan stok BBM dan LPG di seluruh wilayah Sulawesi dalam keadaan aman menjelang lebaran ini.

Pemprov Sulsel

"Kami melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi untuk memprediksi adanya kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada momen libur nanti," ungkapnya dalam agenda Konferensi Pers di Good Fields, Makassar, Jumat (14/04).

Adapun tren konsumsi BBM dan LPG diestimasikan mengalami peningkatan yakni untuk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik sebesar 5 persen dibandingkan rata-rata harian normal 7.366 Kilo Liter menjadi 7.734 Kilo Liter.

Selanjutnya, BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) diprediksi naik sebesar 2 persen dibandingkan rata-rata harian dari 2.385 Kilo Liter menjadi 3.365 Kilo Liter.

Sementara itu, LPG subsidi dan non subsidi diprediksi naik sebesar 2,5 persen dari 1.893 Metrik Ton menjadi 1.940 Metrik Ton.

Sedangkan untuk Avtur diprediksi mengalami kenaikan realisasi sebesar 4,1 persen dibandingkan konsumsi rata-rata dari 837 Kilo Liter menjadi 871 Kilo Liter.

Pihaknya pun melakukan berbagai upaya untuk menjamin dan menjaga ketersediaan stok dengan melakukan pengisian distribusi tambahan 10-15 persen di setiap terminal BBM-LPG dan depot pengisian pesawat udara menjelang idul fitri.

Selain itu pihaknya juga membentuk satgas ramadhan dan idul fitri sejak 1 April hingga 2 Mei mendatang yang bertugas memonitor secara ketat dan extra terhadap kegiatan distribusi BBM-LPG dan kesiapsiagaan suplay.

"Kami melakukan upaya untuk menjamin ketersediaan stok dengan membentuk Satgas Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina yang dibentuk sejak 1 April dan berakhir 2 Mei 2023," pungkasnya.

PDAM Makassar