kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Baksos V PPGT dan OIG Jemaat Tamalate di Lutra Sukses Digelar

banner 468x60

KabarToraya.com — Bakti Sosial (Baksos) ke-V Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) dan OIG Jemaat Tamalate usai digelar pada tanggal 16-23 Juni 2023 di Gereja Toraja Cabang Kebaktian To'Woddi, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

Bakti Sosial dari PPGT Jemaat Tamalate ini dikomandoi Ketua Panitia, Muh Vicky yang memulai perencanaan dari berbagai kegiatan antara lain, pembangunan Gereja, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian serta penyuluhan pendidikan. 

Pemprov Sulsel

"Saya terharu melihat antusias yang begitu besar atas partisipasi masyarakat di Luwu Utara untuk mendukung kegiatan kami, semoga apa yang kami berikan bisa menjadi langkah positif untuk kemajuan masyarakat pada umumnya dan khususnya warga Jemaat To'Woddi," Kata Vicky.

Lanjut Vicky menjelaskan jika kegiatan di hari-hari terakhir pun masih sangat begitu ramai. Bahkan ia pun salut saat penutupan secara resmi oleh Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Kepala Desa Mari-mari, Mariana Manna. 

Secara simbolis penyerahan bantuan juga kami lakukan dengan memberikan kenang-kenangan kepada warga di desa tersebut. Tak hanya itu usai penutupan PPGT Tamalate pun diundang khusus oleh Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansyur untuk bertandang ke Rumah Jabatannya.

"Kami di undang untuk jamuan makan siang di rujab bapak Wakil Bupati Lutra, serta saling bertukar cinderamata," ujar Muh Vicky.

Terpisah dengan Ketua PPGT Tamalate Ertin Trimar Kadang mengaku bersyukur atas selesainya tugas-tugas pelayanan dalam kegiatan Baksos di Luwu Utara. Ia pun tak menyangka bisa melaksanakan bersama rekan-rekan PPGT Tamalate lainnya dengan baik. 

"Kami bersyukur atas partisipasi warga gereja toraja, para donatur dan OIG Jemaat Tamalate yang begitu mensupport kami hingga kegiatan ini berjalan dengan baik dari niat tulus. Selain itu kami begitu terapresiasi oleh pemerintah daerah setempat, perhatian proaktif Kepala Desa Mari-Mari, Ibu Mariana Manna sehingga kolaborasi kami dengan masyarakat desa bisa membuat sesuatu yang sangat berarti ini," kata Ertin Trimar Kadang.

Kegiatan BAKSOS V PPGT dan OIG Jemaat Tamalate yang digelar dengan berbagai agenda yang mengundang antusias masyarakat Desa Mari-mari. Dimana masyarakat dapat mampu diberikan pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Luwu Utara, dalam hal ini di wakili oleh Puskesmas Sabbang Selatan. Lalu ada Dinas Pertanian yang memberikan cara membuat Pupuk Organik, serta adanya penyuluhan materi kesehatan tentang stunting. 

"Tidak hanya itu, ternyata anak kecil di desa ini juga diberikan ilmu pendidikan dalam Bahasa Inggris dan juga membuat kerajinan tangan. Kegiatan utamanya ialah pembangunan Gereja yang juga sangat begitu sukses dilaksanakan," pungkas Ertin.

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur mengapresiasi apa yang dilakukan pemuda-pemudi dari Makassar secara khusus PPGT Jemaaat Tamalate, sehingga ia menjamu makan siang semua peserta BAKSOS V PPGT dan OIG Jemaat Tamalate.

"Saya selaku perwakilan pemerintah daerah, sangat berterimakasih kepada PPGT dan OIG Jemaat Tamalate yang mau membuka diri untuk datang melayani di Luwu Utara. Tidak banyak yang bisa kami berikan, tetapi semoga dengan penghargaan ini boleh menjadi tanda terimakasih kami atas kerjasama yang pernah kita lakukan bersama di Luwu Utara, "ujar Wabup Suaib Mansur,

Setelah melakukan penukaran cinderamata, rombongan BAKSOS V PPGT dan OIG Jemaat Tamalate berpamitan dengan seluruh warga Luwu Utara terkhusus Desa Mari-mari untuk kembali pulang ke Kota Makassar.

PDAM Makassar