kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Warga Makassar Wujudkan Lorong Wisata Pertanian Cabe di Lahan Kosong

banner 468x60

KabarMakassar.com — Warga Kelurahan Mariso, Kecamatan Mariso, RT 05/RW 01 di jalan Nuri lr. 302, Makassar patut berbangga dengan hadirnya lahan produktif di lingkungan mereka.

Pasalnya lahan seluas 50 meter per segi itu dulunya hanya sebuah lahan nganggur dan sangat kumuh.

Pemprov Sulsel

Berkat keuletan pemilik lahan bernama Dg. Calla, akhirnya lahan tersebut disulap menjadi lahan pertanian yang membuahkan hasil memuaskan.

Salah satu contoh ketika sejumlah warga mulai melakukan panen cabe yang keempat kalinya pasca menyulap lahan kosong dan mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 500.000 dalam sebulannya.

"Alhamdulillah ini adalah panen kami yang keempat kalinya. Dan sudah menghasilkan 500 ribu sebulannya," ujar Dg Calla, Sabtu (24/06)

Dg Calla menyebut  dulunya lahan yang diolah merupakan lahan yang nganggur dan menjadi penampungan barang rongsokan.

Setelah dibersihkan akhirnya dijadikan perkebunan dengan berbagai jenis tanaman yang bermanfaat.

"Dulunya ini lahan yang sangat kumuh dan jadi penampungan barang rongsokan. Sekarang kami jadikan lahan perkebunan diawal bulan Februari. Dan sekarang sudah bisa bermanfaat bagi warga," pungkasnya.

Pengusaha kue Cucuruk ini juga menjelaskan bahwa perubahan drastis lahan tersebut dikarenakan adanya campur tangan warga dan pejabat RT RW setempat.

"Kami sangat bersyukur karena niat baik kami dibarengi dengan kerjasama dan kemauan dari warga dan RT RW setempat," bebernya.

Diketahui, lahan ini sudah ditanami berbagai jenis sayuran lainnya yang diperoleh dari bantuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang terdiri atas sayur kangkung, terong, kubis ungu, daun kari, okra serta timun.

PDAM Makassar