kabarbursa.com
kabarbursa.com

Sering Bermain Hp? Waspada Terkena Trigger Finger

Sering Bermain Hp? Waspada Terkena Trigger Finger
(Foto : ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Terlalu lama mengetik atau terlalu banyak bermain HP (handphone) dapat menyebabkan trigger finger. Ini merupakan kondisi ketika jari terasa kaku saat menekuk atau meregang.

Trigger finger terjadi ketika selubung pelindung yang mengelilingi tendon jari mengalami peradangan. Tendon sendiri merupakan jaringan penghubung antara otot dan tulang. Hal ini menyebabkan jari tangan akan terasa kaku atau seperti terkunci pada satu posisi.

Pemprov Sulsel

Apabila mengalami trigger finger makan akan merasakan nyeri di pangkal jarinya, terutama saat menekuk atau meluruskan jari. Kondisi ini terkadang disertai dengan gejala lain seperti benjolan di pangkal jari. Serta dapat memengaruhi pergerakan tangan, menimbulkan rasa nyeri, dan mengurangi kemampuan tangan untuk bekerja.

Berdasarkan tinjauan medis dari dokter Airindya Bella pada laman resmi Alodokter, ada beberapa hal yang diduga dapat memicu terjadinya trigger finger yaitu.

1. Melakukan aktivitas yang membuat jari mendapat tekanan kuat

2. Menggenggam objek dengan sangat kuat dalam waktu lama

3. Memiliki riwayat cedera di bagian telapak tangan atau pangkal jari

4. Memiliki kondisi medis tertentu, seperti rheumatoid arthritis, diabetes, asam urat, infeksi dan kista di telapak atau jari tangan

5. Trigger finger juga lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang telah berusia di atas 45 tahun.

PDAM Makassar