kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Syamsuddin Umar : Dibutuhkan Political Will Soal Stadion Mattoanging

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pengamat sepak bola Syamsuddin Umar menuturkan bahwa keberadaan Stadion Mattoanging di Kota Makassar sudah menjadi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan.

Karenanya, ia menegaskan untuk mewujudkan pembangunan Stadion Mattoanging dibutuhkan political will (kemauan politik) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Pemprov Sulsel

"Pemprov bisa berkeinginan tentu ditangan Gubernur nya. Nah apa yang mau dikerja oleh Pemprov pasti jadi. Sekarang tinggal political will nya," ujar Syamsuddin Umar kepada kabarmakassar.com, Minggu (9/4).

"Stadion Mattoangin itu kan sudah terbangun lalu dibongkar. Kita harapkan ada keinginan untuk membangun kembali stadion itu," tambahnya.

Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Sulsel itu menjelaskan bahwa, masyarakat Sulsel tentu sangat menantikan stadion Mattoanging dibangun kembali dengan sejumlah sarana dan prasarana olahraga. Lebih lagi, PSM yang begitu merindukan keberadaan sarana sepakbola tersebut.

Apalagi, lahirnya Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional melibatkan 15 Kementerian sehingga tidak ada alasan pemerintah daerah tidak membangun stadion tersebut.

"Inpres itu sudah menjadi dasar yang kuat agar Pemprov segera membangun stadion itu. Dimana Inpres itu memberikan dukungan kepada Pemda termasuk soal anggarannya," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa salah satu bentuk apresiasi adalah keberhasilan PSM Makassar juara Liga 1 Indonesia 2023. Dan sudah ketujuh kalinya juara.

"PSM itu harga diri masyarakat Sulsel. Jadi sekali lagi saya katakan jidak ada alasan lagi sebenarnya. Apalagi momenten PSM sudah juara. Jadi juara dengan kondisi tak ada stadion apalagi ada stadionnya," bebernya.

"Saya rasa, soal anggaran yang minim saya kira bisa dilaksanakan saja. Stadion itu nantinya proyek multiyears. Nah, disini harus ada terobosan Pemprov. Kalau saya melihat sebuah pemerintahan yang baik yaitu rumah ibadahnya masjid, gereja dll begitu ramai masyarakatnya. Begitu pula pasar tradisional dan mall ramai. Dan sarana olahraga stadion ramai dinikmati masyatakat," tambahnya.

Syamsuddin Umar juga mempertanyakan stadion Barombong yang sudah dibangun namun belum dimanfaatkan.

"Ya, saat ini kalau bisa stadion Barombong yang prioritas sebab sisa berapa persen sudah bisa dimanfaatkan," harapnya.

Sementara itu, DPRD Sulsel melalui Komisi E meminta komitmen Pemprov untuk memprioritaskan pembangunan Stadion Mattoanging. 

PDAM Makassar