kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Potret Keindahan Air Terjun Kali Jodoh Pinrang Hingga Mitosnya

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Kabupaten Pinrang Bukan hanya dikenal dengan potensi sektor pertaniannya, namun juga menawarkan banyak destinasi wisata yang cukup menakjubkan. Salah satunya tentang keindahan alam Air Terjun Kali Jodoh yang terletak di Dusun Paweleang, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Untuk sampai di tempat ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 56 km dari pusat kota, atau 3 km dari ruas jalan poros Bakaru.

Pemprov Sulsel

Air terjun kali jodoh merupakan sebuah  tempat wisata alam yang indah, suasana segar serta air yang jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke wisata ini serasa betah dan ingin berlama-lama. 

Namun untuk bisa menikmati kesejukan dan keindahan Air Terjun Kali Jodoh ini, pengunjung harus melalui tangga seribu terlebih dahulu.

Salah satu pengunjung Air Terjun Kali Jodoh, Ramlah mengatakan panorama yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini masih sangat alami.

“Keindahan panorama alamnya masih sangat alami ditambah lagi dengan suara aliran sungainya yang menenangkan jiwa, bukan hanya itu kita juga harus melewati tangga seribu untuk sampai ke bawah air terjun itu,” kata Ramlah, Kamis (30/11).

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, air terjun kali jodoh juga memiliki mitos tersendiri. Konon bagi pengunjung yang mandi di bawah air terjun ini bisa mendapatkan jodoh.

Pengelola Air Terjun Kali Jodoh, Mende mengungkapkan Nama kali jodoh diambil berdasarkan dongeng yang berkembang di zaman dahulu. Di mana sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga atau berjodoh setelah berkunjung ke air terjun kali jodoh.

Pasalnya keduanya berkunjung ke wisata ini dan memohon doa kepada Tuhan agar kelak dipertemukan jodohnya.

“Konon pasangan muda-mudi itu kemudian berjodoh dan berhasil membina rumah tangga dengan baik. Jadi cerita mitosnya begitu yang saya tahu," jelas Mende.

Ia juga mengungkapkan cerita mitos tersebut tak hanya dipercaya oleh masyarakat setempat, bahkan turis mancanegara juga turut mencari peruntungan dengan adanya mitos air terjun kali jodoh yang berkembang sejak zaman dahulu.

“Ya banyak juga turis yang berkunjung dan langsung berendam di bawah air terjun kali jodoh sambil memanjatkan doa kepada Tuhan sesuai keyakinan mereka. Ya itu dia mungkin lagi mencoba-coba dan tidak ada salahnya juga si,” katanya.

Bukan hanya, di kawasan ini juga memiliki spot batu yang berada di sekitar lokasi air terjun yang sangat cocok menjadi objek berswafoto bagi mereka yang ingin mengabadikan momen selama berada disana.

Bagi pengunjung dari luar Pinrang, yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir nyasar karena air terjun kali jodoh sudah ada di google maps. Hanya mengetik air terjun kali jodoh, anda sudah bisa berkunjung mengikuti instruksi dari maps tersebut.

Sebelumnya, Kepala Seksi Investasi dan Promosi Dispaspor Pinrang, Tria Adnan Putra mengatakan akan terus mendorong promosi wisata andalan Kabupaten Pinrang.

PDAM Makassar