kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

NasDem Geser Golkar Dipucuk Ketua DPRD Sulsel

NasDem Geser Golkar Dipucuk Ketua DPRD Sulsel
Ilustrasi logo partai Golkar.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Nasional Demokrat (NasDem) menggeser Golkar dari pucuk Ketua DPRD Sulawesi Selatan periode 2024-2029.

Di pucuk pimpinan itu, Partai besutan Surya Paloh itu makin berjaya di lumbung suara partai beringin (Golkar) di Sulsel. Dimana 24 Kabupaten/kota Nasdem memperoleh suara signifikan, sejumlah daerah pun memimpin parlemen.

Pemprov Sulsel

Berdasarkan data dihimpun KabarMakassar.com, partai beringin rindang dalam dua dekade terakhir ini memimpin DPRD Sulsel. Dijaman HM Roem dua periode sebagai komandan DPRD Sulsel.

Kemudian Golkar kembali membuktikan lumbung suara dengan memimpin untul periode 2019-2024 oleh Andi Ina Kartika Sari. Termasuk masa Agus Arifin Nu’mang menjabat Ketua DPRD Sulsel.

Memang, Golkar merupakan lumbung Sulsel pada masa era Gubernur Sulsel, Amin Syam dan Syahrul Yasin Limpo.  Hal ini menjadi kali pertama Golkar harus rela melepas posisi tersebut, juga sejarah politik NasDem di Sulawesi Selatan merebut kursi pimpinan gedung wakil rakyat itu.

Partai NasDem Sulsel berhasil memenangi Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024 berdasarkan penghitungan real count 17 kursi.

Sedangkan, partai Gerindra di posisi ke II meraih 14 kursi, dan Golkar berada pada peringkat ke III mendapat 13 kursi.

Sejumlah petahana caleg Golkar kembali lolos salah satunya Rahman Pina, dan Munafri Arifuddin wajah baru yang juga Ketua Golkar Makassar.

Sebelumnya, kepala awak media, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Nurdin Halid meminta tetap solid bagi kader tidak harus saling menyalahkan dan harus melakukan introspeksi.

“Tentu internal Golkar melakukan evaluasi yang mesti diperbaiki agar bisa merebut kembali pucuk pimpinan DPRD Sulsel yang disebut parpol lain,” katanya.

“Untuk itu kita butuh perubahan, evaluasi total SDM maupun gerakan politik, serta program yang diharapkan masyarakat Sulsel, modernisasi eskalasi saat ini pragmatisme di masyarakat tinggi,” tambah NH akronim Nurdin Halid.

PDAM Makassar