kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ketua KPU Gowa Sebut Ratusan Surat Suara Rusak

Ketua KPU Gowa Fitra Syahdanul. Foto ist
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sejumlah KPU Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan ditemukan adanya logistik yang rusak seperti kertas surat suara Pilpres Pemilu 2024. Termasuk di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menemukan ratusan surat suara Pilpres dan DPD dalam keadaan tak layak digunakan.

Hal itu diungkap Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul saat dikonfirmasi, Rabu (9/1). Dia mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang diterima, sebanyak 238 surat suara yang rusak.

Pemprov Sulsel

Dimana rinciannya, DPD sebanyak 100 lembar dan surat suara Pilpres yang rusak sebanyak 138 lembar.

“Laporan sementara total 238 lembar dari dua jenis surat suara tersebut. Tapi belum final karena masih kita rekap,” katanya, Selasa (9/1).

Fitra menerangkan setelah merekap surat suara rusak, kemudian pihaknya akan pleno dan meminta penggantian surat suara ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sulsel.

Adapun surat suara yang rusak dikarenakan robek dan terkena rembesan tinta, adapula yang tanpa gambar.

“Iya rata-rata robek dan ada bekas tinta di gambar, ada yang tidak kentara gambarnya. Kami juga temukan satu surat suara kosong sama sekali. Jadi kami minta diganti,” jelasnya.

Sementar itu, daerah lainnya seperti KPU Sinjai, KPU Kepulauan Selayar mengalami hal yang sama sehingga mereka masing-masing sudah melaporkan ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan untuk diganti logistik yang rusak.

PDAM Makassar