kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ini Tips Mengolah Terong

banner 468x60

KabarMakassar.com — Terong merupakan sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, terong juga mengandung nutrisi yang tinggi. 

Terong mengandung serat, vitamin, dan mineral. Mulai dari vitamin A, B, C, K, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Pemprov Sulsel

Dengan nilai gizi yang beragam, tak ada alasan untuk tidak memasukkan terong dalam daftar menu yang Anda konsumsi.

Salah satu olahan terong yang favorit adalah terong balado. Namun, selain terong balado, terong dapat diolah menjadi berbagai makanan.

Berikut 5 tips mengolah terong:

1. Panggang

Inspirasi hidangan ala Italia bisa dituangkan dalam terong panggang. Potong terong terlebih dahulu bulat-bulat atau cukup dibelah.

Terong yang dipotong bulat bisa langsung dilapisi minyak zaitun, keju parmesan atau mozarella, lada. Bisa juga menggunakan tepung bumbu.

Sedangkan terong yang dibelah bisa dikerok terlebih dahulu isinya, campur dengan telur, parutan keju, lada, garam, baru diberi lapisan minyak zaitun. Mengutip dari CNN Indonesia, panggang terong dalam suhu 150 derajat Celcius.

2. Bakar

Meski metode ini disebut bakar (roast), Anda tidak harus membakar terong di bara api. Cukup menggunakan oven dengan panas 200 derajat Celcius.

Melansir dari The Kitchn, bumbun terong bakar cukup sederhana bahkan mirip dengan steak seperti, taburan garam dan lada, juga minyak zaitun.

Terong pun bakal memiliki tekstur lembut, kaya rasa, dan aroma serta 'smoky'. Potong-potong lalu nikmati atau sajikan sebagai pendamping pasta dan salad.

3. Padukan dengan pasta

Terong dan pasta bisa Anda satukan dalam satu piring. Sulap terong menjadi campuran pasta dengan cara potong terong menjadi berbentuk dadu.

Lalu, panggang atau tumis dengan butter, garam dan lada. Setelah itu, campur dengan spageti, penne atau fusilli.

Melansir dari laman Fruits and Veggies, terong juga bisa diiris bulat tipis dan digunakan untuk lapisan lasagna.

4. Tumis

Meski metodenya mirip dengan menggoreng, menumis menggunakan jauh lebih sedikit minyak. Potong terong jadi ukuran mini lalu campur dengan jenis sayuran favorit lainnya seperti sawi, paprika, wortel, dan brokoli agar hidangan makin berwarna.

Letakkan bahan-bahan ini dalam satu mangkuk. Jangan lupa garam, lada atau bawang putih yang sudah dimemarkan untuk memberikan rasa.

5. Goreng

Kol goreng mungkin sudah biasa. Kali ini coba buat terong goreng. Terong cukup diiris bulat tipis-tipis. Celupkan pada adonan tepung bumbu serbaguna dan goreng hingga kecoklatan.

Untuk versi yang lebih sehat dan minim minyak, Anda bisa menggorengnya dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke satu sisi irisan terong, lalu panaskan pada teflon atau wajan. Saat proses pemanasan, oleskan minyak pada sisi atas terong, lalu lanjutkan proses menggoreng hingga kedua sisi berwarna coklat.

PDAM Makassar