kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Gubernur Sulsel Resmikan Masjid Thalhah Ubaidillah di Tanjung Bira

banner 468x60

KabarMakassar.com — Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan masjid terapung yang berada di Kawasan Wisata Bira, Masjid Thalhah Ubaidillah, Sabtu (04/02).

“Insya Allah kita resmikan masjid ini dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim,” pungkasnya.

Pemprov Sulsel

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang telah menyelesaikan pembangunan masjid yang berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi ini dan dapat diselesaikan pembangunannya.

“Begitu besar perjuangan Bapak Bupati semangatnya tidak pernah kendor, mau menyelesaikan apa yang diamanahkan. Taro Ada Taro Gau (Apa yang terucap dari mulut haruslah teraktual), beliau memiliki komitmen untuk membangun,” ucapnya.

Nama masjid yang diambil dari salah satu dari 10 sahabat Rasullulllah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan desain minimalis yang indah dan cantik ini, sebagai wujud perhatian untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata di Bumi Panrita Lopi. Serta menjadi magnet baru di Bira.

“Ini sudah ada bangunannya, kita jadikan ikon. Ini juga bisa menjadi magnet ke Bira,” katanya.

Masjid ini terdiri dari dua tingkat dengan desain minimalis didominasi warna putih dan abu-abu. Dapat menampung hingga 250 jamaah. Lengkap dengan fasilitas berwudhu dan toilet. Merupakan salah satu bagian dari Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 untuk Kabupaten Bulukumba senilai Rp 19 Miliar.

Ia berharap, masjid ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan pengunjung untuk melaksanakan kewajiban ibadah sholat secara tenang dengan fasilitas ibadah yang representatif tepat di pusat wisata Bira. Sehingga dapat melaksanakan ibadah tepat waktu.

“Berwisata boleh, tapi ingat juga akhirat. Dengan semakin banyaknya pengunjung datang ke Bira, maka akan semakin meningkatkan perekonomian,” harapnya.

Ia pun mengajak bersama-sama memanfaatkan fasilitas ibadah ini dengan baik dan memakmurkannya.

“Mari kita isi masjid kita. Masjid tempat beribadah, kearifan lokal dan kekuatan peradaban,” sebutnya.

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyampaikan penghargaan kepada Gubernur karena bersedia meresmikan masjid secara langsung.

“Alhamdulillah sudah ada masjid di sini yang bisa di tempati salat. Ketika orang datang berwisata. Karena selama ini tidak ada masjid di sini, masjid lain jauh di luar. Jadi kalau mau Jumatan harus berkendara keluar,” katanya.

Ia pun menyatakan ikut memberikan masukan untuk desain masjid yang dibangun di atas laut ini.

 

 

PDAM Makassar