kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ditemui JW, Bupati Lutra Beberkan Syarat Pergantian Aparat Desa?

banner 468x60

KabarLuwu.com — Hari terakhir pelaksanaan training, peserta jurnalis warga (JW)  menemui Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, di ruang kerja Kantor Bupati Lutra, Rabu (26/1). 

Pada pertemuan tersebut, JW membahas terkait beberapa issu yang marak di desa. Salah satu issu yang sedang hangat dan menjadi polemik di masyarakat terkait adanya pergantian aparat desa yang dianggap kurang tepat oleh oknum Kepala Desa. 

Pemprov Sulsel

Menanggapi ini, Indah Putri tidak menampik perihal tersebut. Menurutnya pihaknya juga menerima laporan masyarakat terkait pergantian aparat desa. 

"Dari desa ada beberapa laporan, baik itu melalui persuratan BPD maupun warga terkait pergantian aparat desa sepihak," ungkap Indah. 

Indah membeberkan pergantian aparat desa tetap diperbolehkan, namun harus melalui beberapa prosedur yang telah ditetapkan. 

"Pergantian aparat desa ada regulasinya yaitu, harus sesuai Perbub yang telah ditetapkan dan mengedepankan musyawarah untuk mufakat dan tidak terlepas dari kearifan lokal," bebernya. 

Indah menuturkan  pihaknya akan membuat regulasi baru, guna mencegah adanya demosi aparat desa yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada. 

"Kita akan buatkan Nomor Induk Aparat Desa, ini untuk melindungi aparat desa dari pergantian yang tidak sesuai dengan prosedur," pungkasnya. 

Sementara itu, Direktur KabarMakassar.com Fritz V Wongkar mengatakan, kunjungan ke Bupati Luwu Utara ini merupakan materi terakhir yang diberikan kepada kelompok Jurnalisme Warga. 

Menurutnya jurnalis warga ini memang dikhususkan untuk membuat laporan atau liputan yang dibilang lengkap dengan fakta dan data yang diliputnya di lapangan.

Materi jurnalistik yang didapati perserta selama dua hari ini sudah sangat cukup. Bahkan antusias para peserta terlihat dengan hasil tulisannya. Bahkan wawancara dihadapan Bupati para peserta juga tidak canggung memberikan pertanyaan.

"Perlu diketahui jika program Jurnalisme Warga ini fokus pada transparansi dana desa. Tentunya para peserta pelatihan paham akan fakta dan data yang digali dilapangan dari hasil wawancara nanti, bagian simulasi ini sudah cukup dan semoga kedepan mereka setara dengan jurnalis yang profesional," ujar Fritz V Wongkar.

Turut hadir mendampingin JW pada pertemuan dengan Bupati Lutra, Kordinator JW Luwu Utara Rizal M, serta  Direktur KabarMakassar.com Firz V. Wongkar dan Redaktur Pelaksana KabarMakassar.com Herlin Sadid.

Untuk diketahui, sebelumnya telah digelar pelatihan jurnalis warga, yang berlangsung sejak Selasa, 25 Januari 2022 hingga Rabu, 26 Januari 2022.  Pelatihan diikuti oleh 13 peserta JW Luwu Utara.   (Misbahuddin)

PDAM Makassar