kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Camat Biringkanaya Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak bagi Ummat Buddha

banner 468x60

KabarMakassar.com — Camat Biringkanaya Benyamin B Tarupadang mengucapkan selamat hari raya waisak, Minggu (04/06).

“Selamat hari raya waisak 2567 be bagi ummat Buddha,” ucapnya. Lanjut Ben sapaan akrabnya, dirinya mendoakan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia berbahagia. “Kepada sesama umat Buddha, Selamat Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia,” ujarnya.

Pemprov Sulsel

Diketahui, umat Budha di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar ritual Fang Sheng Ink atau pelepasan ratusan ekor burung serta melepaskan ikan ke danau menjelang perayaan Waisak 2567 BE/ 2023 karena diyakini dapat membawa kedamaian dan rezeki yang berlimpah.
“Ritual ini memberikan makna tersendiri bagi umat Budha tentang kebaikan yang hanya tidak untuk sesama manusia tapi juga semua makhluk hidup lainnya,” kata Kepala Vihara Arama Budha, Bhante Bhadra Centana di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Sebelum melaksanakan ritual ini, umat Budha terlebih dulu melaksanakan puji bakti Sako di Vihara setempat untuk memanjatkan doa sambil membaca kitab suci.
Usia menjalankan puji bakti sako, dilanjutkan dengan ritual Fang Shen atau pelepasan mahkluk hidup yang terkurung ke habitatnya. Seperti melepaskan ratusan burung dalam sangkar, dan melepaskan ikan lele ke dalam danau Tanjung Bunga sebagai bentuk kebajikan antarsesama makhluk hidup.

PDAM Makassar