kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Berdayakan Perempuan, WLB Sapa 9 Universitas di Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Women Lab Bootcamp (WLB) hadir menyapa puluhan perempuan muda yang tersebar di 9 Universitas di Makassar.

Women Lab Bootcamp adalah program yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dari keluarga miskin dan kelompok terkucilkan melalui keterampilan dasar kewirausahaan, kepemimpinan, dan teknologi untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Pemprov Sulsel

WLB mencakup beberapa pelatihan, lokakarya, pendampingan, dan kegiatan jaringan yang dapat mendukung dan membantu perempuan meningkatkan pendapatan mereka dan menjadi berdaya.

WLB diselenggarakan oleh Ruang Kolaborasi Perempuan dan Kendra Scott Women's Entrepreneurial Leadership
Institute (KS WELI) University of Texas di Austin.

Project Coordinator, Waode Surya mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk merekrut perempuan dari berbagai kampus dan organisasi, dan yang menjadi peserta di batch pertama ini akan dilibatkan pula pada kegiatan selanjutnya.

"Project ini berjalan selama tiga bulan dengan merekrut perempuan dari Universitas dengan partner kita, dan ada beberapa organisasi perempuan yang kita libatkan, jadi ada 30 perempuan muda yang akan bergabung di Women Lab Bootcamp," kata Waode, Rabu (03/08).

Ia menambahkan akan ada 1200 peserta nantinya yang akan tergabung pada program ini.

"Untuk batch pertama kita udah tetapkan, dan di batch kedua kita akan libatkan untuk sharing, karena ilmu yang mereka dapatkan mereka akan bagi kembali dari satu ke orang lain. Totalnya akan ada 1200 nanti InsyaAllah," ujarnya.

Project Coordinator Women Lab Boothcamp, Lesley Robinson berharap, kolaborasi ini akan tetap berjalan, dan apa yang didapatkan dari project ini bisa diaplikasikan.

"Harapan saya adalah kolaborasi ini tetap berlanjut dan perempuan-perempuan yang terlibat bisa meningkatkan leadership skillnya dan juga global maindset," ujar Robinson.

Ia mengatakan, global mindset dan enterpreneur dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan diri dan usaha.

"Karena ketika global maindset dan entrepreneur mindset itu menjadi satu, woow itu sangat luar biasa sekali, itu seperti keajaiban. Harapannya dengan Woman Lab Botcamp ini global maindset dari Casweli itu bisa kami aplikasikan nanti dengan woman entrepreneur mindset," imbuhnya.

Untuk diketahui, WLB diikuti oleh 27 peserta dari 30 yang lolos yang berasal dari 9 Universitas yaitu: UIN Alauddin Makassar, Unismuh Makassar, Universitas Fajar, ITB Nobel, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, STIE YPUP, Unismuh Pare-pare, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Selain itu, juga ada Komunitas Sekolah Cindekia Pesisir, dan juga dari teman disabilitas teman tuli.

PDAM Makassar