kabarbursa.com
kabarbursa.com

Debat Pertama Cawapres 2024 Malam Ini

Debat kandidat tiga cawapres pertama yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Foto ist
banner 468x60

KabarMakassar.com — Debat cawapres 2024 digelar oleh KPU RI malam ini Jumat (22/12) pada pukul 19.00 WIB bertempat Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Untuk diketahui, debat perdana cawapres ini merupakan debat kedua dalam rangkaian debat capres-cawapres pada Pilpres 2024. Debat ini diikuti oleh tiga kandidat cawapres.

Pemprov Sulsel

Adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Ketiga akan beradu gagasan berbagai isu yang telah diramu oleh para panelis.

Tema yang akan dibahas dalam debat cawapres kali ini meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. Nantinya, debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit.

Pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Kemudian segmen 2, 3, 4, dan 5, masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah. Terakhir, pada segmen 6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.

“Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari kepada awak media.

Dimana telah diputuskan dalam rapat antara KPU dengan Transmedia sebagai media massa penyelenggara.

Debat pertama cawapres 2024 dapat disaksikan secara langsung pada waktu tersebut dengan mengakses salah satu dari link berikut: Link live streaming debat pertama cawapres 2024 Link live streaming debat pertama cawapres 2024 Link live streaming debat pertama cawapres 2024 KPU telah menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat.

Alfito adalah Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana adalah pembawa berita sekaligus produser Kompas TV. Debat cawapres berikutnya dijadwalkan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

Dimana tema yang akan dibahas meliputi Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa.

Tema dan jadwal debat kandidat Pilpres 2024 yang dihelat oleh KPU RI.

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023 Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. Tayang: TVRI dan RRI

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023 Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Tayang: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024 Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Tayang: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024 Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Tayang: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024 Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Tayang: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Sementara panelis debat pertama cawapres 2024 KPU telah mengumumkan nama 11 orang untuk debat perdana cawapres.

Para panelis merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk ketiga cawapres. Kesebelas nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Mereka adalah Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atmajaya 2015-2023).

Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia), Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025). Kemudian, Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta) dan Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

PDAM Makassar