kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Zero Accident, Diperkenalkan Dosen FKM UMI di Takalar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan kegiatan edukasi zero accident berbasis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada anggota PKK di Kantor Desa Sanrobone, Takalar, Selasa, (06/12).

Kegiatan pengabdian dibawah pendanaan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) itu diketuai oleh Dr. Ikhram Hardi S, SKM., M.Kes dan anggota Dr. Arni Rizqiani Rusydi, SKM., M.Kes.

Pemprov Sulsel

Kegiatan pengabdian tersebut mengusung tema 'Pelatihan Zore Accident Melalui Edukasi Berbasis K3 di Lingkungan Rumah Tangga'.

Ketua Tim Dosen Pengabdi, Dr. Ikhram Hardi mengatakan, pihaknya terlebih dahulu melakukan pre test kepada peserta kegiatan untuk mengukur pengetahuan para peserta tentang K3 pada lingkungan rumah tangga.

"Pada tahap pertama, peserta kegiatan pengabdian diberikan pre test untuk mengukur tingkat pengetahuan dasar ibu PKK mengenai kesehatan dan keselamatan kerja pada lingkungan rumah tangga," ungkapnya

Setelah itu, pihaknya melakukan edukasi tentang bahaya dan risiko kecelakaan kerja di lingkungan rumah tangga serta cara penanganannya. 

"Materinya terkait dengan risiko-risiko atau bahaya kecelakaan kerja di lingkungan rumah tangga serta bagaimana cara mengatasinya," sambungnya.

Selanjutnya, kembali dilakukan pengukuran tingkat pemahaman peserta dengan pembagian kuesioner post test.

Hasilnya, terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 9,38 persen.

"Hasil dari pengukuran ini yaitu terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 9,38 persen," pungkasnya.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti sebanyak 15 orang anggota PKK Desa Sanrobone yang diakhiri dengan pemberian cendera mata kepada peserta kegiatan pengabdian berupa alat dan bahan yang digunakan saat memasak sehingga tetap aman dalam melakukan aktifitas di dapur atau lingkungan rumah tangga.

PDAM Makassar