kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Tips Memilih Marketplace Toko Bahan Bangunan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Berjualan pada situs online termasuk marketplace konstruksi atau kumpulan toko bahan bangunan memang terbilang cukup mudah jika dibandingkan harus menggunakan domain sendiri. Oleh karena itu, banyak pemilik toko bahan bangunan yang memanfaatkan hal ini hanya dengan melakukan pengisian informasi produk yang akan dijual serta profil perusahaan.

Menjamurnya beberapa marketplace di Indonesia, salah satunya seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu marketplace kontruksi atau toko bahan bangunan Ukur.com memanfaatkan kesempatan yang ada. Tentunya memberikan kemudahan bagi para pemilih pemula maupun toko bahan bangunan ke ranah maya untuk mempromosikan produknya.

Pemprov Sulsel

Jenis-jenis Marketplace

Seperti yang sudah diketahui bahwa kenyataannya jenis marketplace khususnya toko bahan bangunan itu ada banyak, oleh sebab itu untuk memberikan pengetahuan tambahan Anda bisa memperhatikan hal ini untuk bisa membedakan sebuah marketplace tergolong jenis marketplace apa. Karena jenis marketplace sebenarnya ada dua bentuk yaitu murni dan konsinyasi. Buat Anda yang penasaran inilah beberapa penjelasan mengenai apa yang dimaksud dalam jenis marketplace murni dan konsinyasi.

1. Marketplace Murni

Dalam kerja sama yang dibangun penjual banyak mempunyai keleluasaan jika dibandingkan dengan kerja sama konsinyasi. Sebagai gambarannya seperti kustomisasi toko bahan bangunan mereka, mulai dari mengubah tampilan, mengkategorikan produk, sekaligus memilih jasa pengiriman. Hal ini membuat kerja sama lebih terasa fleksibel dengan dukungan harus  tetap sesuai dengan peraturan dari platform yang berlaku.

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis marketplace kedua datang dari marketplace Konsinyasi. Jenis kerjasama ini mengibaratkan penjual hanya perlu untuk menyediakan barang dan detail informasinya terkait produk tersebut.

Akan tetapi, sesuai berkembangnya yang ada beberapa marketplace murni sekarang telah mulai menggunakan model konsinyasi seperti menambahkan Official Store atau Mall yang menunjukkan beberapa toko bangunan yang telah melakukan kerjasama dengan pihak toko bahan bangunan perantara atau marketplace ini. 

Cara Memilih Marketplace Toko Bahan Bangunan

Akan tetapi, bagi pembeli Anda harus memperhatikan cara memilih marketplace dengan tepat agar apa yang Anda inginkan bisa memuaskan.  Hal ini juga berfungsi untuk bahan pertimbangan dari harga yang cukup bervariasi yang ditawarkan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli

1. Mengetahui Reputasi Marketplace

Langkah pertama dengan cara memilih marketplace mengetahui sejarah latar belakang atau reputasi dari marketplace tersebut. Tentunya hal ini bertujuan untuk menjaga diri dari rasa aman dan nyaman saat menggunakannya. Informasi mengenai latar belakang ataupun reputasinya bis Anda ketahui dari kapan marketplace tersebut berdiri ataupun pengalaman dari para pengguna yang telah lebih dulu dan bagaimana sistem kerjanya.

 

Mengetahui hal ini dapat Anda lakukan melalui mesin pencari yang akan memberikan banyak informasi kepada kamu mengenai marketplace yang sedang dianalisa. Setelah Anda semakin yakin marketplace tersebut baik, maka Anda dapat memilikinya untuk menjual produk Anda.

2. Memilih  Layanan Lengkap

Secara umum, marketplace seperti Ukur.com atau kumpulan toko bahan bangunan berfungsi sebagai jalan atau media penengah antara penjual dan pembeli, sehingga terdapat suatu kepercayaan dari pihak pembeli.

Dari masing-masing marketplace tentunya akan  memberikan penawaran yang berbeda-beda. Sebelum menentukan pilihan menggunakan marketplace apapun, pastikan Anda melakukan perbandingan keunggulan dari setiap marketplace yang ada untuk mencegah rasa kecewa yang timbul kemudian hari.

3. Menyediakan Fasilitas Gratis

Biasanya marketplace khususnya toko bahan bangunan dari Ukur.com akan memberikan penawaran fasilitas lebih lengkap untuk buyer dengan biaya yang sangat minim. Jika itu dapat mendukung perkembangan dan penjualan bisnis online, maka Anda bisa mencobanya.

4. Market Ramai Pengunjung

Guna mengembangkan usaha, maka Anda bisa bergabunglah dengan marketplace yang mempunyai banyak pengunjung. Sekaligus mempertimbangkan marketplace yang dipilih, apakah sudah dikenal secara luas oleh masyarakat atau belum.

Selain itu, Anda juga harus melihat sejauh mana usaha marketplace tersebut menarik dan menjaring minat public. Hal tersebut dapat dilihat dari apakah ada iklan baik di media online dan offline. Jika ada iklan tersebut, artinya mempunyai peluang ledakan pengunjung.

5. Memudahkan Customer dan Penjual

Dengan proses administrasi yang serba mudah dapat membantu semua bidang, baik customer ataupun jualanya. Oleh sebab itu,  sebelumnya Anda harus pelajari terlebih dahulu, sejauh mana kebebasan yang ditawarkan oleh market untuk supplier dan customer.

Jika proses jual beli produk yang ditawarkan tidak bisa dilakukan dengan langkah yang cukup sederhana. Hal tersebut akan memberikan dampak pada calon konsumen akan mengurungkan niatnya untuk berbelanja.

6. Sistem Keamanan Terjaga

Transaksi yang dilakukan secara online harus mempunyai keamanan yang ganda, sehingga tidak mudah dilacak oleh hacker atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab dan ingin mengeruk keuntungan. Oleh sebab itu, pilihlah marketplace yang berkualitas dan memiliki sumber daya dalam bidang IT, maka akan selalu berusaha untuk menjaga keamanan setiap transaksi di market tersebut.

Mengapa Marketplace Konstruksi Patut Dipertimbangkan?

Banyak pebisnis konstruksi yang mulai kebingungan mencari wadah yang tepat untuk promosi, akan tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena Ukur.com telah memberikan fasilitas marketplace yang berguna untuk ajang promosi dengan pembeli yang memang membutuhkan toko bahan bangunan.

Apalagi Ukur.com menyediakan keperluan terlengkap dari bahan-bahan toko bahan bangunan atau konstruksi, sehingga kedua belah sisi akan mendapatkan keuntungan atau manfaat sendiri-sendiri.

Bagi penjual online dengan modal yang kecil, tentunya mendatangkan lalu lintas yang besar ke dalam webnya. Oleh sebab itu, alternatif paling bijak bagi usaha toko bangunan kecil adalah berjualan melalui marketplace.

Rekomendasi Tempat Toko Bahan Bangunan Terbaik

Tempat atau kumpulan toko bangunan terbaik dan terpercaya bisa Anda temukan di platform Ukur.com.  Ukur.com yang merupakan sebuah marketplace yang memiliki fokus  bidang konstruksi atau kumpulan toko bahan bangunan yang didirikan dan dibentuk oleh Felix Demas Handoko pada tahun 2020. 

Founder sendiri merupakan Felix Demas Handoko yang merupakan seorang pengusaha di bidang kontraktor interior sekaligus specialist di dunia digital marketing khususnya SEO. Dengan begitu, beliau  percaya bahwa dengan bantuan internet maka marketplace yang dibangunnya yaitu Ukur.com atau toko bahan bangunan akan mengundang banyak traffic atau "online presence" yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang yaitu penjual maupun pembeli ataupun orang yang sekedar ingin mencari informasi.

Tujuan dari mendirikan Ukur.com sendiri yaitu sebagai marketplace konstruksi yang berawal dari banyaknya masalah yang ditemukan dengan konstruksi seperti harga konstruksi yang terlalu tinggi karena banyaknya markup, banyaknya penengah atau broker di dunia konstruksi dan pembayaran yang cenderung lama di dunia konstruksi.  Hal tersebut akan terkena dampak paling parah yaitu tukang atau pekerja harian yang dibayar per hari ketika mereka bekerja, sehingga merekalah yang paling merasa beratnya ketika ada pemberi kerja yang curang.

Artinya padahal seharusnya penjual tangan pertama yang menikmati hasil keuntungan karena berjualan, akan tetapi di dunia konstruksi penjual tangan pertama cenderung dirugikan dan bisa jadi tidak dibayar juga dengan berbagai macam alasan dari pihak pemberi kerja.

Selain itu, juga mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi hal ini sejalan dengan apa yang sudah diatur dalam sistem tersebut  para penjual hanya perlu memikirkan nama, tidak perlu rumit memikirkan website, media sosial dan bahkan pemasaran. Pemilik toko bangunan  hanya perlu mempelajari cara-cara untuk mengupload produk, keterangan dalam penjualan yang perlu diisi, dan proses transaksi pembelian berlangsung di Ukur.com.

PDAM Makassar