kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Skandal Burning Sun Kembali Viral Akibat Film Dokumenter Perjuangan Sang Jurnalis

Skandal Burning Sun Kembali Viral Akibat Film Dokumenter Perjuangan Sang Jurnalis
Film Dokumenter Burning Sun : Eksposing The Secret K-Pop Chat Groups, yang tayang Minggu (19/5) kembali menarik perhatian hingga mendapat 600 ribu penayangan dalam kurun waktu kurang sehari.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Skandal Burning Sun yang mengguncang dunia K-Pop kembali menjadi sorotan dengan dirilisnya film dokumenter Burning Sun – Exposing the Secret K-pop Chat Groups.

Film ini mengangkat kisah perjuangan dua jurnalis wanita, Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon, yang menghadapi berbagai rintangan dalam mengungkap salah satu skandal seks terbesar di Korea.

Pemprov Sulsel

Skandal ini melibatkan sejumlah artis besar, termasuk Seungri eks Big Bang, Jung Joon Young, dan Choi Jong Hoon eks FT Island.

Film ini menceritakan kilas balik September 2016 silam. Dimana kehidupan Park Hyo Sil berubah drastis ketika ia mendapat informasi dari seorang editor mengenai kasus besar yang sedang diselidiki.

Informasi tersebut berasal dari sumber polisi terpercaya dan terkait rekaman seks diam-diam yang melibatkan Jung Joon Young, seorang selebriti terkenal di Korea Selatan.

“Dia memberi tahuku bahwa ada kasus besar yang sedang diselidiki yang melibatkan rekaman seks diam-diam dari seorang selebriti terkenal, Jung Joon Young,” kata Park Hyo Sil, dilansir dari Film Dokumenter BBC, Senin (20/5).

Jung Joon Young, yang dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu populer, menjadi pusat perhatian setelah laporan bahwa kekasihnya menemukan video seks yang direkam secara diam-diam. Di Korea Selatan, kejahatan ini dikenal sebagai ‘molka’.

“Kami hanya tidak ingin ketinggalan informasinya. Saya tidak tahu betapa besar dampaknya,” ungkap Park Hyo Sil.

Berita tersebut dengan cepat menyebar dan menjadi topik hangat di seluruh negeri. Namun, manajemen Jung Joon Young segera mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa penyelidikan polisi tidak penting dan hanya dibesar-besarkan oleh media.

Penggemar Jung Joon Young pun membela idolanya, menuduh pacarnya berbohong dan menyalahkan jurnalis yang melaporkan kasus tersebut.

Park Hyo Sil menghadapi serangan balik yang hebat, baik secara online maupun di kehidupan nyata. Ia menerima banyak komentar negatif di media sosial, email dari orang tak dikenal, dan wajahnya diedit serta diposting dengan hujatan dan komentar jahat.

Perusahaan tempatnya bekerja juga menerima ancaman pembakaran jika tidak segera memecatnya. “Media adalah penjahatnya. Aku menanggung beban terberatnya,” kata Park Hyo Sil.

Ancaman tersebut mempengaruhi kehidupan pribadi Park Hyo Sil secara signifikan. Ia menerima ancaman pembunuhan, dan suaminya mengkhawatirkan keselamatannya, menyarankannya untuk tidak pergi ke kantor dan tetap di rumah.

Bahkan enam bulan setelah berita tersebut, ancaman masih terus berdatangan, termasuk telepon pada dini hari yang berlangsung hingga beberapa jam dan gambar-gambar cabul jika ia tidak mengangkat telepon.

Kondisi ini menyebabkan Park Hyo Sil mengalami tekanan mental yang luar biasa, mengakibatkan dua kali keguguran dan sampai saat ini belum memiliki anak.

Skandal Burning Sun juga membawa konsekuensi hukum bagi para pelaku. Seungri eks BIGBANG telah menjalani hukuman 18 bulan penjara dan kini telah dibebaskan, sementara Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon masing-masing dijatuhi hukuman enam tahun penjara.

Hingga berita ini diterbitkan, Film Dokumenter yang diunggah melalui akun youtube resmi BbC World Service ini telah mendapat 44 ribu suka dan 600 ribu tayangan dalam kurun waktu satu hari.

PDAM Makassar