kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Segudang Manfaat Umbi Keladi Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Talas, keladi, atau seratah adalah tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Tanaman ini berasal dari suku talas-talasan atau Araceae.

Tumbuhan bernama latin Colocasia esculenta L ini diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang.

Pemprov Sulsel

Keladi memiliki warna yang beragam tergantung tempat tumbuhnya, seperti ungu, merah, hingga putih.

Umbi ini kerap dijadikan masyarakat sebagai pengganti nasi karena merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting. 

Di Indonesia, tumbuhan ini dapat disulap menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat, misalnya bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur.

Dibalik rasanya yang nikmat, umbi keladi ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebuah keladi mengandung Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niasin, dan Vitamin C. 

Berikut beberapa manfaat umbi keladi bagi kesehatan:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kaladi adalah umbi-umbian dengan akar yang mengandung pati resisten dan kaya akan serat. Kedua zat gizi ini memliki manfaat berupa mengendalikan kadar gula darah.

Tak heran jika umbi keladi (talas) sering direkomendasikan bagi penderita diabetes

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat serat tak hanya untuk menjaga kadar gula darah, tapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi pada umbi keladi (talas).

Di dalam tubuh, serat yang diperoleh dari talas berfungsi untuk memastikan agar kadar kolesterol tetap normal. Jika teralu banyak, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ tubuh tertentu jadi terhambat. Jika pembuluh darah ke jantung yang tersumbat, maka dapat terjadi penyakit jantung.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Keladi (talas) bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya kandungan serat pada umbi keladi (talas) dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam talas juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Meski begitu, kandungan kalori dalam talas cukup tinggi, sehingga kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsinya untuk mencegah kenaikan berat badan.

4. Mencegah Osteoforosis

Keladi banyak mengandung kalsium, sekitar 150 mg kalsium. Karena itu, keladi dapat memenuhi kebutuhan kalsium tulang. Sehingga mengkonsumsi umbi dapat membuat tulang menjadi padat dan kuat.

Dengan demikian, kamu pun akan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis. 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Keladi (talas) adalah salah satu umbi-umbian dengan pati resisten yang baik untuk kesehatan usus. Pati resisten dapat meningkatkan kesehatan usus karena fermentasi usus besar menghasilkan lebih banyak bakteri baik. Bakteri usus yang sehat dapat mencegah sembelit dan perut kembung.

Itu tadi beberapa manfaat umbi keladi bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

PDAM Makassar