kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Raih Kepercayaan Muzakki, Baznas Makassar Publikasikan Program Secara Massif

banner 468x60

KabarMakassar.com — Wakil Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar  H Jurlan Em Saho’as menuturkan bahwa muzakki, para wajib zakat dari kalangan orang kaya terutama pengusaha yang memiliki simpanan deposito di bank-bank mempercayakan zakatnya ke Baznas dalam menyalurkan kepada kelompok mustahik maka besar peluangnya orang-orang miskin sulit ditemukan lagi di Makassar.

Dikatakan jika jumlah warga miskin berdasarkan data BPS sekitar 782 ribu dibandingkan potensi zakat sekitar Rp 1,4 triliun maka jika dibagi rata maka setiap orang miskin mendapatkan angka sekitar Rp 17 juta setahun.

Pemprov Sulsel

“Jumlah itu tentu sangat berarti dan cukup besar bagi seorang warga miskin di dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Tapi, faktanya masih jauh dari harapan. Salah satu hambatannya adalah kebiasaan para muzakki menyalurkan sendiri zakat hartanya kepada kaum dhuafa,” ungkap Jurlan Em Saho’as, kepada KabarMakassar.com, Rabu (5/4).

Mantan jurnalis senior dan sastrawan produktif itu menyatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menggelontorkan program Indonesia bebas dari kemiskinan ektrim yang di kalangan praktisi zakat.

Dimana ia menyebutnya kelompok fakir yaitu orang-orang yang tidak memiliki apa-apa lagi termasuk di dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya yang betul-betul hanya mengharap uluran tangan dari orang sekitarnya.

Sangat beda dengan kelompok miskin lanjutnya, yang biasanya sudah memiliki pekerjaan tapi hasil pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup secara layak istri dan anak-anaknya.

Di Makassar sendiri masih kata Jurlan Em Saho’as cukup mudah menemukan orang-orang fakir yang berdomisili di berbagai kelurahan Kota Makassar.

Mereka pada umumnya sudah berusia lanjut dan tinggal seorang diri dalam gubuk yang jauh dari standar layak huni. Atapnya dari seng bekas dan bocor serta lantai seadanya dari bekas bangunan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari umumnya perolehan hasil kerja serabutan, tukang cuci, buruh harian, memulung, bahkan ada diantara mereka sama sekali hanya mengharap uluran tangan warga sekitarnya.

“Kondisi kesehatannya pun terkadang sangat memprihatinkan. Untungnya umumnya tetangga sekitar memiliki kepedulian untuk membantunya,” ungkap Jurlan.

Membangun kepercayaan muzakki, orang-orang wajib berzakat, agar bersedia menyerahkan zakat harta (mal) ke lembaga resmi zakat, semacam Baznas tidaklah mudah.

Dibutuhkan kerja keras dan usaha yang masif secara terus menerus berkesinambungan. Salah satunya adalah memberikan informasi secara terbuka atas pengelolaan zakat dan mempublikasikan secara maksimal setiap program yang dilakukan.

Sehingga kaum muzakki maupun warga masyarakat luas mengetahui apakah penyaluran dan pemberdayaan itu tepat sasaran dan terukur, bahkan para mustahik (penerima zakat) dapat mengakses berbagai program yang diperuntukan kepadanya.

Salah seorang tokoh masyakat Sulsel Chairul Tallu Rahim mantan anggota DPRD Sulsel dua periode itu mengatakan kepercayaan itu paling penting dibangun dengan mempublikasikan setiap program distribusi dan pemberdayaan yang selama ini dilakukan.

Sehebat apapun kegiatan penyaluran dan pemberdayaan yang dilakukan Baznas saat ini tidak akan diketahui masyarakat, terutama kaum muzakki, tanpa melakukan publikasi secara terbuka dan menjangkau semua lapisan.

“Membangun kepercayaan muzakki itu memang tidaklah mudah, mereka hanya bisa percaya jika program pemberdayaan dan pendistribusian diyakini tersalur dengan baik kepada mereka yang berhak. Salah satu langkah yang sangat strategis dilakukan adalag mempublikasikan dengan baik di media, terutama online dan medsos lainnya yang mudah diakses,” ungkapnya.

Sementara itu, H Ishak Samad yang juga Warek IV Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjawab tanggapan jamaah yang tetap tinggal seusai melaksanakan shalat Jumat mengakui, jika Baznas Sulsel masih belum terpublikasi dengan baik kegiatannya.

Karena disebabkan selain baru beberapa bulan dia dilantik Bersama pimpinan lainnya juga diperhadapkan oleh SDM yang masih dalam pembenahan.

Diakui H Ishak Samad, potensi zakat di Sulsel sekitar Rp 7,9 triliun namun jumlah yang berhasil dihimpun masih jauh dari harapan. Salah satu factor yang menyebabkan masih rendahnya pengumpulan zakat di daerah ini karena para muzakki atau orang-orang berharta lainnya masih senang menyalurkan sendiri zakat hartanya.

Padahal, jika sekiranya mempercayakan ke Baznas penyalurannya dapat mengatasi problema kemiskinan di daerah ini lewat pemberdayaan mustahik lewat pemberian modal usaha dan bantuan beasiswa.

“Baznas itu merupakan Lembaga resmi pemerintah non struktural yang segala sesuatunya dilakukan secara terencana, terukur, dan sudah pasti tepat sasaran,” ungkapnya.

PDAM Makassar