kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Peringatan Dini BMKG, 1-6 Maret Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem

banner 468x60

KabarMakassar.com — Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah daerah kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai hari ini, Rabu (01/03) hingga sepekan kedepan Senin (06/03).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi khusus wilayah Makassar berpotensi hujan lebat hingga sangat lebat menerjang hari ini, Rabu (01/03).

Pemprov Sulsel

Selain itu sejumlah kabupaten di sekitarnya yakni Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Selayar juga akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat

Hal tersebut diakibatkan adanya pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang menyebabkan daerah low level jet dan konvergensi di sekitar Sulsel sehingga beberapa kabupaten akan dilanda cuaca ekstrem.

"Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sulawesi Selatan," tulis Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet dalam keterangan resminya, Rabu (01/03).

Adapun pada Kamis (02/03) besok, hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di wilayah Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Pinrang, Parepare, Bone, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar.

Sedangkan Jumat (03/03) hingga Senin (06/03) potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat diprediksi terjadi di wilayah Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dan Takalar.

"Angin kencang juga berpotensi terjadi di pesisir barat dan selatan Sulsel pada Kamis 2 Maret. Sedangkan Jumat 3 Maret hingga Senin depan angin kencang berpotensi terjadi di pesisir selatan Sulsel," jelas Irwan Slamet.

PDAM Makassar