kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pergantian Tahun 2023, Polrestabes Makassar Terapkan Buka-Tutup Sejumlah Jalan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Polisi Lalu lintas Polrestabes Makassar akan memberlakukan sistem buka tutup di sejumlah titik jalan saat malam pergantian tahun 2023, Sabtu, 31 Desember 2022 besok. 
Hal ini dilakukan guna meminimalisir potensi keramaian berlebihan yang dapat menjadi kerawanan musibah/kecelakaan ataupun tindakan kriminal.

Hal itu ditegaskan Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda WL kepada Kabarmakassar.com pada Jumat, (30/12).

Pemprov Sulsel

"Melihat potensi ini maka perlu dilakukan pola pengaman sesuai instruksi Kapolrestabes Makassar untuk dapat mengantisipasi hal tersebut," ujar AKBP Zulanda.

Sedikitnya ada tujuh titik atau wilayah yang akan menerapkan sistem buka tutup pada malam tahun baru nanti. 

AKBP Zulanda mengatakan, salah satu titik yang akan menerapkan penyekatan yakni di 5 pintu masuk Makassar dengan fokus menyeleksi pengendara yang menggunakan knalpot bronk, pembawa sajam, miras, TNKB Gantung, ranmor modifikasi yang tidak berkeselamatan.

"Satuan yang dikedepankan Sabhara dan Polsek terdekat. Fokus penindakan di putar balik tidak boleh masuk Makassar," katanya.

Adapun radius sisi timur jalan AP Petarani akan dilakukan panjagaan patroli yang akan menyasar pengendara yang ugal-ugalan. Bahkan akan dilakukan penindakan yang serius bila berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya. 

Untuk sisi timur Pettarani akan diback up penuh dari Ditlantas Polda Sulsel.

Sedangkan Radius Barat Pettarani akan dilakukan penutupan bagi kendaraan bermotor (Ranmor) yang akan masuk Losari dari jalan Haji Bau-Arief Rate. 

Semua akses masuk dari gang-gang kecil menuju losari dan kawasan pintu barat dan timur CPI ditutup mulai pukul 18.00 Wita.

Bila kapasitas sudah penuh, Pukul 17.00 Wita sudah dilakukan penutupan bagi Ranmor. Namun untuk akses keluar dari kedua tempat tersebut tetap diberikan akses keluar dari lokasi tersebut.

Untuk area parkir sebelum pukul 17.00 Wita disiapkan di kawasan twin tower dan kawasan bisnis CPI sehingga akses ke dalam lego-lego dan masjid 99 kubah akan nyaman bagi pejalan kaki karena tidak ada Ranmor lalu lalang. 

Selain itu, semua tamu Hotel dan tamu restoran agar masuk ke lokasi hotel dan restoran sebelum Pukul 18.00 Wita dengan kartu khusus dari hotel yang akan divalidasi oleh Satlantas Polrestabes Makassar. 

Selain dari pada itu pihak Hotel dan restoran dilarang membuat acara yang membludak sampai ke jalan karena akan mengganggu lalulintas.

"Jadi informasi dari Pemkot Makassar tidak ada kegiatan pesta kembang api ataupun musik sebagai bentuk keprihatinan saat ini. Yaitu adanya musibah bagi saudara kita semua pada kebakaran pasar sentral dan banjir di sekitar mall Nipa serta Antang bahkan sesuai instruksi Walikota lebih difokuskan pada giat zikir di masjid-masjid," kata AKBP Zulanda.

Setelah pukul 01.00 dinihari diharapkan masyarakat tidak lagi keluar ke jalan apabila tidak ada kepentingan di jalan guna mencegah potensi laka lantas.

"Karena kelelahan saat berkendara dan kami akan melakukan perkuatan dengan pendorongan serta penghimbauan untuk pengendara kembali ke rumah masing masing. Namun apabila ditemukan sebagai tindakan kriminal maka akan dilakukan penindakan sesuai dengan kondisi yang ada," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat dalam memantau anaknya, agar tifak melakukan konvoi ugal-ugalan pada malam pergantian tahun baru.

"Kitabberharap pada masyarakat Makassar untuk para orang tua untuk mengawasi anaknya untuk tidak keluar rumah untuk konvoi ugal-ugalan mengingat kerawanan terjadinya laka lantas dan untuk ranmor yg kami tindak krn potensi laka lantas akan kami tilang dengan menyita ranmor selama 3 bulan," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran tertanggal 28 Desember 2022 Nomor 451/549/S.Edar/Kesra/XII/2022.

Surat edaran tersebut berisi imbauan kepada masyarakat Kota Makassar untuk menggelar dzikir dan doa bersama di malam pergantian tahun 2023.

PDAM Makassar