kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pemkab Maros Gandeng BKPSDM Bandung Dalam Pengembangan Sistem Pengelolaan Kepegawaian

banner 468x60

KabarMakassar.com — Sebagai upaya untuk meningkatkan sistem pengelolaan Kepegawaian di Kabupaten Maros, pihak Pemkab melalui BKPSDM menggandeng Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung dalam Focus Group Discussion (FGD) untuk Penerapan Sistem Informasi Dalam Pengelolaan Kepegawaian (SIDPK) dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Maros. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor BupatiMaros,  Rabu (05/07).

Salahsatu sistem pengelolaan kepegawaian yang paling disoroti dari Kota Bandung  adalah Sistem Informasi Manajemen Bandung Kinerja atau yang sering disebut MANG BAGJA.

Pemprov Sulsel

Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKPSDM Pemkot Bandung, Wawan menjelaskan, Mang Bagja merupakan sistem informasi dalam rangka penilaian kinerja pegawai yang lebih objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan.

“Sistem informasi Mang Bagja menyediakan segala informasi pegawai, data, dan laporan kinerja setiap ASN Pemkot Bandung. Ini adalah inovasi Pemkot Bandung di bidang kepegawaian agar lebih objektif dan akuntansi kinerja ASN,” ungkapnya.

Wawan menambahkan, sistem tersebut sangat mendukung proses penilaian kinerja yang lebih objektif dan efesien. Tentunya juga menjadi dasar pemberian tunjangan pegawai.

“Tidak lagi ada kesenjangan, tunjangan yang diberikan terhitung berdasarkan aktivitas kinerja pegawai. Pelaporannya pun di luar jam kerja tiap harinya, yakni pukul 4 soreh hingga pukul 7 pagi di hari berikutnya,” jelasnya.

Kegiatan FGD ini dibuka langsung oleh Bupati Maros HAS Chaidir Syam. Dalam sambutannya, Bupati berharap sistem kepegawaian BKPSDM Pemkot Bandung yang telah berhasil diterapkan ini, dapat dijadikan acuan dalam implementasi SIDPK di lingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

“Di era digital yang terus berkembang ini, penerapan sistem informasi dalam pengelolaan kepegawaian menjadi sangat penting. Semoga melalui FGD hari ini bisa menambah wawasan kita tentang manfaat dan tantangan dalam penerapannya,” ujar Bupati.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin dan Kepala BKPSDM Kabupaten Maros, Andi Sri Wahyuni. 

Sementara, peserta yang hadirberkisar 130-an orang yang merupakan perwakilan dariseluruh perangkat daerah lingkup Pemkab Maros.  

PDAM Makassar