kabarbursa.com
kabarbursa.com

KPU Sulsel Siap Umumkan Tahapan Pilgub-Pilkada Serentak 2024

KPU Sulsel Siap Umumkan Tahapan Pilgub-Pilkada Serentak 2024
Ketua KPU Sulsel Hasbullah
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan akan melaunching kontestasi Pilgub dan pemilihan bupati/walikota 24 kabupaten/kota.

Dimana hal itu menyusul Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi meluncurkan tahapan Pilkada serentak 2024, dalam acara yang digelar di Candi Prambanan, DI Yogyakarta, pada Minggu (31/3) malam.

Pemprov Sulsel

Ketua KPU Sulsel Hasbullah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa peluncuran atau launching tersebut sesuai tahapan yang dijalankan oleh penyelenggara.

“Dengan peluncuran tahapan Pilkada serentak oleh KPU RI, kami di Sulsel akan segera meluncurkan tahapan Pilkada di tingkat Provinsi, termasuk peluncuran tahapan Pilgub Sulsel,” ujar Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, Senin (1/4).

Hasbullah menekankan pentingnya rapat koordinasi dan persiapan yang baik untuk menghadapi tahapan Pilkada yang akan berlangsung pada November mendatang.

“Kami berharap agar KPU di daerah dapat bekerja sama secara kolektif dan kolegial dalam persiapan Pilkada. Tahapannya beririsan dengan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung di MK,” katanya.

Ia menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dari para komisioner KPU dan jajarannya dalam menjalankan tahapan Pilkada.

“Kami berharap agar semua tahapan dapat dilewati dengan baik, sambil tetap menjaga profesionalisme dan integritas,” tambahnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa tahapan pertama Pilkada adalah pemutakhiran data pemilih, yang saat ini sedang dipersiapkan.

“Kami telah meminta KPU kabupaten/kota untuk memutakhirkan daftar pemilih khusus (DPK) sebagai langkah awal dalam tahapan Pilkada,” katanya.

Setelah pemutakhiran data, langkah selanjutnya adalah pencocokan dan penelitian (coklit) sebelum daftar pemilih tetap (DPT) dapat ditetapkan untuk Pilkada 2024.

“Proses ini sedang berlangsung, dan kami berupaya agar semua tahapan dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal,”tandas Hasbullah.

PDAM Makassar