kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Korban Longsor Susulan Berhasil di Evakuasi, 1 Masih Dalam Pencarian

Korban Longsor Susulan Berhasil di Evakuasi, 1 Masih Dalam Pencarian
Longsor menutup akses Jalan Poros menuju Rabtebua-Bastem.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Salah satu korban dari 2 korban yang sempat dinyatakan hilang tertimbun material longsor susulan yang terjadi di jalan Poros Buntao – Rantebua, Tembamba, Kelurahan Tallang Sura’ Kecamatan Buntao’ berhasil di temukan, Jumat (26/4).

Korban atas nama Margareta Tande (Mama Ical), dinyatakan meninggal dan jasadnya kini di bawah ke Rumah Sakit Elim Rantepao. Sementara Marghareta Romba (M pika) masih dalam proses pencarian oleh Tim Gabungan Polri, TNI, Basarnas dan masyarakat setempat menggunakan alat manual.

Pemprov Sulsel

Kedua korban merupakan warga Patung Lembang Leatung Matallo yang ikut dalam rombongan yang hendak ke acara penguburan kerabat di Kecamatan Rantebua.

Salah satu warga setempat yang akrab di sapa Seru menjadi saksi mata saat kejadian menjelaskan bahwa sebelumnya longsor sempat terjadi pada sekitar pukul 06.00 pagi dimana material longsor sempat menutup jalan, namun warga setempat melakukan evakuasi kendaraan roda dua dan masyarakat yang hendak melintas.

Dirinya sempat bolak balik melintas di jalur tersebut namun diperkirakan sekitar pukul 10.00 longsor susulan kembali terjadi dan menimpa beberapa masyarakat yang hendak melintas terbawah dan tertimbun material longsor.

“Longsor awal sekitar jam 6 pagi tadi saya masih sempat bolak balik evakuasi kendaraan sebelum longsor susulan sekitar jam 10, Orang orang yang melintas itu tertimbun dan ada beberapa orang yang terlempar ke pinggiran sehingga berhasil di selamatkan,” jelas Seru, Jumat (26/4).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang di dampingi oleh Kepala Puskesmas Buntao Rukman membenarkan, masih ada 1 orang dinyatakan hilang. Dimana sebelumnya dinyatakan 3, namun setelah dilakukan konfirmasi dengan pihak keluarga 1 orang ternyata tidak ikut dalam rombongan tersebut, dan satunya berhasil di evakuasi sekitar pukul 16.30.

“Ada 9 orang yang melintas salah satu dari mereka anak anak, satu korban di rujuk ke RS. Umum di wilayah Luwu dan 4 orang ke puskesmas Rantebua, dua orang di puskesmas Buntao, dan satu orang di rujuk Ke Rumah sakit Elim dan infonya juga sudah meninggal disana dan kini satu orang ditemukan dalam ke adaan meninggal dunia,” tambah Rukman.

Dari pantauan di lokasi longsor, alat berat di turunkan untuk evakuasi material yang menutup akses Jalan Poros menuju Rabtebua-Bastem.

Diketahui, sebelumnya ada 5 korban selamat yaitu perempuan bernama Lusiana (45), laki-laki bernama Nobel Gadi (35), laki-laki bernama Paulus Sirupang (42), perembupan bernama Yohana Laba (27), perempuan bernama Sabina Samba (49). Sementara korban yang meninggal di RS Elim setelah dievakuasi, yaitu perempuan bernama Martina LInting (40).

PDAM Makassar