kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kontes Ayam Ketawa Perebutkan Piala Gubernur

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi Sulsel akan menggelar Kontes Ayam Ketawa, Jumat, 10 November 2023. Lomba ini akan memperebutkan Piala Gubernur, selain hadiah uang jutaan rupiah.

Kontes kokok ayam ketawa sendiri acap kali digelar Himpunan Profesi Ornithologi dan Unggas di tingkat nasional, dengan nama Kontes Ayam Ketawa Nasional.

Pemprov Sulsel

Di Sulsel, awalnya ayam ketawa banyak dikembangkan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Namun, seiring kecintaan masyarakat terhadap ayam khas Sulsel itu, kemudian terus dikembangkan di berbagai daerah di Sulsel.

Saat ini, khusus pejantan populasinya hanya 4.000 ekor ayam ketawa. Untuk mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap ayam khas tersebut, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, lewat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, akan menggelar kontes ayam ketawa tingkat provinsi.

"Dinas Peternakan akan buat kontes ayam ketawa. Saya mau lombakan, tujuannya apa? Ini ayam khas kita, populasinya tidak terlalu banyak, tinggal 4.000-an jantannya, jangan sampai punah kan," ungkap Pj Gubernur Bahtiar, di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (06/11).

Menurut Bahtiar, kontes ayam ketawa tersebut sebagai upaya untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa dan agar terjaga populasinya.

"Maka kita edukasi dengan konteskan, nanti 10 November (2023) kita rangkaikan untuk memberikan motivasi para peternak. Kontes ini memperebutkan Piala Gubernur," pungkasnya.

PDAM Makassar