kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Keutamaan 3 Fase di Bulan Suci Ramadan 1445 H, Ini Penjelasanya

Keutamaan 3 Fase di Bulan Suci Ramadan 1445 H, Ini Penjelasanya
Ilustrasi (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bulan suci Ramadan bukan hanya waktu untuk menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan masa di mana kita bisa mendapatkan keberkahan dan ampunan Allah SWT.

Di bulan yang penuh berkah ini, terdapat 3 fase yang memiliki keutamaan tersendiri. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing fase, seperti yang dilansir dari situs resmi Nu Online:

Pemprov Sulsel

1. Fase Rahmat Fase ini berlangsung pada tanggal 1 hingga 10 Ramadan. Di fase ini, Allah SWT melimpahkan kasih sayang-Nya kepada siapa pun yang menginginkannya.

Oleh karena itu, saat berpuasa, marilah kita meningkatkan kualitas kebaikan dan berbuat baik kepada sesama, saling menghormati, dan berbagi rezeki dengan orang lain.

2. Fase Maghfirah Fase ini terjadi pada tanggal 11 hingga 20 Ramadan. Pada fase ini, Allah memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang senantiasa bertaubat dan mengharapkan maghfirah-Nya.

Kita diingatkan untuk mengevaluasi diri sendiri, bertaubat, beristighfar, dan memperbaiki diri, serta menjauhi sifat-sifat buruk.

3. Fase Itqum Minan Nar Fase terakhir dimulai pada tanggal 21 Ramadan hingga akhir malam Ramadan. Di fase ini, kita diminta untuk senantiasa berdoa agar terhindar dari siksa neraka.

Perbanyaklah beriktikaf di masjid, mendekatkan diri kepada Allah, dan menjalin hubungan yang erat dengan-Nya. Ingatlah bahwa Allah SWT sangat dekat dengan hamba-Nya yang mencintai-Nya, dan ia akan mengabulkan doa hamba-Nya yang penuh dengan keikhlasan.

Diketahui, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ketaqwaan dan amal ibadah kita. Jangan biarkan semangat ibadah kita reda seiring berjalannya waktu.

Marilah kita manfaatkan kesempatan berharga ini dengan sebaik-baiknya, terutama dalam 10 malam terakhir yang penuh berkah, di mana malam Lailatul Qadr terletak. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan di bulan Ramadan ini.

PDAM Makassar