kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Investasi yang Menguntungkan : Pahami Staking dan Earn

banner 468x60

KabarMakassar.com — Investasi dalam aset digital seperti kripto telah menjadi primadona bagi banyak orang yang mencari peluang pendapatan.

Salah satu strategi yang dapat dipertimbangkan adalah melalui stalking crypto dan earn. Dalam pembahasan kali ini, kita akan menjelajahi bagaimana staking dan earn dapat menjadi investasi yang menguntungkan.

Pemprov Sulsel

Apa itu Staking dan Earn pada Aset Kripto?

Staking merupakan fitur yang tersedia pada Proof of Stake (PoS) seperti Polkadot staking (DOT), Cardano (ADA), Tezos (XTZ), Ethereum (ETH), Cosmos (ATOM), dan Polygon (MATIC) staking. Saat Anda melakukan staking dengan aset kripto, Anda berkontribusi dalam mengamankan dan memvalidasi transaksi di blockchain, dan sebagai imbalannya, Anda menerima pembayaran dalam bentuk aset kripto yang sebanding dengan jumlah yang Anda pertaruhkan.

Tergantung pada aset yang Anda staking, mungkin ada periode di mana Anda tidak menerima pembayaran. Beberapa aset juga memiliki periode penguncian di mana Anda tidak dapat mengakses aset Anda untuk jangka waktu tertentu karena digunakan dalam jaringan blockchain. Misalnya, Cosmos memiliki periode penguncian selama 21 hari sebelum Anda dapat mengaksesnya kembali.

Secara umum, Anda akan mendelegasikan staking Anda kepada validator. Proses ini dapat bervariasi tergantung pada platform yang digunakan. Namun, aset seperti DOT dan XTZ dapat dengan mudah di-stake melalui aplikasi Ledger Live, dan ADA menyediakan proses yang mudah melalui dompet desktop Daedalus.

Ketika Anda mendelegasikan aset kripto Anda kepada validator, Anda tidak menyerahkan aset kripto Anda, melainkan memberi mereka kekuasaan untuk menggunakannya dalam tindakan seperti memilih proposal atau memvalidasi transaksi.

Anda juga dapat melakukan staking melalui exchange. Beberapa exchange menawarkan layanan staking jika Anda hanya menyimpan aset kripto di platform tersebut. Namun, ada pula exchange yang mengharuskan Anda untuk menyetorkan aset kripto ke dalam kontrak khusus yang mereka sediakan.

Selain staking, ada juga konsep earn yang dapat Anda manfaatkan dalam investasi yang menguntungkan.

Earn sendiri merupakan fitur yang ditawarkan oleh sejumlah exchange. Dengan earn, Anda dapat memperoleh imbalan karena menyetorkan aset kripto Anda ke dalam kontrak yang memberikan imbalan atau bayaran.

Terdapat tiga jangka waktu dalam earn, yaitu fleksibel, satu bulan, dan tiga bulan. Semakin lama Anda bersedia mengunci aset Anda, semakin tinggi bunga yang akan Anda peroleh.

Perbedaan Antara Staking dan Earn

Mungkin kebanyakan orang masih menganggap bahwa staking dan Earn itu sama padahal nyatanya terdapat perbedaaan, lalu apa saja perbedaan antara staking dan earn?

Perbedaan yang paling utama adalah Anda dapat memperoleh atau mendapatkan aset kripto ke dalam program pinjaman seperti earn.

Perbedaan selanjutnya adalah staking sangat berkaitan dengan menyimpan dan memvalidasi koin dalam jaringan blockchain, sementara earn lebih berfokus pada menghasilkan pendapatan melalui layanan atau produk tertentu. Perbedaan yang terakhir jika staking memberikan imbal hasil berupa koin baru, sedangkan earn seringkali memberikan bunga atau imbal hasil dalam bentuk koin yang sama.

Singkatnya staking merupakan tindakan mempertahankan atau mengunci sejumlah aset kripto dalam jaringan blockchain untuk mendukung keamanan dan operasi jaringan.

Akan tetapi perlu Anda ketahui meskipun investasi staking ini sangat menggiurkan karena bisa memberikan keuntungan tanpa perlu melakukan trading pada aset kripto akan tetapi sama halnya dengan jenis investasi lain juga memiliki risiko yang terkait oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari lebih dalam dan memilih platform crypto staking terbaik.

Keuntungan dari Staking dan Earn

Keuntungan Staking

  • Memperoleh imbalan tambahan dalam bentuk koin tambahan.
  • Berpartisipasi dalam validasi transaksi dan keputusan jaringan.
  • Mendorong keamanan dan keberlanjutan jaringan blockchain.
  • Mengurangi volatilitas pasar dengan tetap memegang koin dalam jangka panjang.

Keuntungan Earn

  • Mendapatkan penghasilan pasif melalui penyimpanan dana dalam program earn.
  • Potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan dengan alternatif penyimpanan tradisional.
  • Berpartisipasi dalam mekanisme seperti likuiditas pool untuk mendapatkan imbalan.

Langkah-langkah yang Diperlukan Saat Memulai Staking Maupun Earn

  • Pilihlah mata uang kripto yang mendukung staking dan earn.
  • Dapatkan koin tersebut melalui pertukaran kripto.
  • Pindahkan koin ke dompet yang mendukung staking atau platform earn.
  • Ikuti petunjuk dalam dompet atau platform untuk memulai staking atau earn.

Perlunya Pertimbangan Risiko dan Keamanan

Investasi dalam staking dan earn dalam investasi kripto dapat memberikan peluang keuntungan yang menarik, tetapi juga memiliki beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa pertimbangan risiko dan keamanan yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan fasilitas dalam staking dan earn diantaranya adalah

  • Nilai mata uang kripto sangat volatil, sehingga investasi ini melibatkan risiko.
  • Lakukan riset terlebih dulu tentang mata uang kripto, platform, dan protokol yang Anda gunakan.
  • Pertimbangkan faktor risiko, likuiditas, dan kebijakan yang terkait dengan staking dan earn.

Kesimpulan

Jadi staking crypto dan earn adalah strategi investasi yang dapat menguntungkan dalam mata uang kripto.

Melalui staking, Anda dapat memperoleh imbalan tambahan sambil mendukung jaringan blockchain, sementara earn memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui penyimpanan dana dalam platform atau protokol tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa investasi kripto memiliki risiko, dan penting untuk melakukan riset dan pemahaman yang mendalam sebelum memulai. Dengan pendekatan yang bijaksana dan pengetahuan yang cukup, staking dan earn dapat menjadi opsi investasi kripto yang menjanjikan.

PDAM Makassar