kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Institut Cokroaminoto Pinrang Resmi Menjadi Institut Pertama di Pinrang

banner 468x60

KABARBUGIS.ID Dua sekolah tinggi swasta di Kabupaten Pinrang berubah status menjadi Institut. Dua perguruan tinggi itu yakni STKIP dan STIH Cokroaminoto Pinrang yang bernaung dibawah Yayasan Pembina Pendidikan Cokroaminoto Pinrang.

Perubahan status perguruan tinggi ke institut tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Nomor: 560/E/O/2022. STKIP dan STIH Cokroaminoto resmi bergabung dan membentuk Institut Cokroaminoto Pinrang. Institut Cokroaminoto Pinrang merupakan Institut pertama di Kabupaten Pinrang.

Pemprov Sulsel

SK itu diserahkan langsung oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi selatan, Barat dan Tenggara Drs.A.Lukman,M.Si kepada Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Cokroaminoto Pinrang, Sandrawali Mukaddas, SE disaksikan oleh Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid di ruang pola kantor Bupati Pinrang, Kamis (4/8).

Selain itu, pada kegiatan tersebut Iqbal Mukaddas, ST, M.Pd dilantik menjadi rektor pertama dari Institut Cokroaminoto Pinrang, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Cokroaminoto Pinrang.

Rektor Institut Cokroaminoto Pinrang, Iqbal Mukaddas mengungkapkan jabatan ini merupakan amanah. Mantan Ketua STKIP Cokroaminoto Pinrang ini mengaku akan terus berinovasi dalam pengembangan Institut Cokroaminoto Pinrang kepadanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Cokroaminoto Sandrawali Mukaddas, mengatakan perubahan bentuk kedua sekolah tinggi ini adalah berkat dukungan semua civitas akademika dan juga Pemerintah Kabupaten Pinrang.

"Sinergitas antara civitas akademika dengan pemerintah kita berharap terus terjalin demi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Pinrang," ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 9 Sulawesi selatan, Barat dan Tenggara Drs.A.Lukman,M.Si mengucapkan selamat atas terbentuknya Institut Cokroaminoto dan berharap kepemimpinan Rektor mampu membawa Institut untuk memberikan pendidikan yang bermutu kepada pada Mahasiswa/mahasiswi.

Lukman juga berharap Institut Cokroaminoto menghasilkan alumni yang siap kerja dan bersaing dengan alumnus dari pendidikan tinggi lainnya yang ada di Indonesia.

Bupati Pinrang dalam sambutannya menyampaikan selamat atas penggabungan STKIP Cokroaminoto Pinrang dan STIH Cokroaminoto Pinrang menjadi Institut Cokroaminoto Pinrang yang pertama di Pinrang. Bupati juga mengucapkan selamat kepada Bapak Iqbal Mukaddas ST. M.Pd atas dilantiknya Rektor Institut Cokroaminoto Pinrang. 

Dengan penggabungan ini, Bupati percaya Institut Cokroaminoto Pinrang akan mampu bersaing dalam mempersiapkan alumninya untuk dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif saat ini. Bupati juga berharap ke depan terjalin kerjasama strategis antara Institut Cokroaminoto dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam dunia Pendidikan.

"Selamat atas penggabungan dua Sekolah Tinggi menjadi Institut Cokroaminoto Pinrang, saya yakin dan percaya Institut Cokroaminoto Pinrang akan semakin maju ke depannya," pungkas Irwan Hamid.

PDAM Makassar