kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ini 5 Jenis Buah Penambah Darah

banner 468x60

KabarLuwu.com — Anda sering merasa lelah dan lemas, bisa jadi tubuh Anda kekurangan sel darah merah atau gejala anemia, dimana sel darah merah yang telalu sedikit dalam tubuh dapat menyebabkan terganggunya aliran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

Anemia merupakan masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi dalam tingkat ringan dan dalam jangka waktu yang pendek. Anemia yang tidak segera diobati bisa menjadi masalah serius bahkan mengakibatkan komplikasi.

Pemprov Sulsel

Maka dari itu Anda harus mencukupi nutrisi dalam tubuh untuk membentuk sel darah merah, karena nutrisi berguna sebagai pencegahan anemia seperti Zat besi, Asam folat, Vitamin B12, Tembaga dan Vitamin A.

Selama ini mungkin Anda hanya mengetahui bahwa makan daging dan sayuran hijau dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah, namun ternyata bukan hanya itu yang dapat menjadi makanan penambah darah. Dikutip dari Hellosehat, buah-buahan juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan penderita anemia.

Berikut ini jenis buah-buahan yang untuk penambah sel darah merah :

1. Mangga

Buah mangga rendah kalori tetapi tinggi akan nutria. Tidak heran dibeberapa Negara, mangga disebut “king of fruits”.

Mangga dapat menjadi buah untuk penambah darah karena tinggi akan vitamin C dan folat. Sebanyak 165 gram buah mangga meyediakan vitamin C sebanyak 67% dan folat sebesar 18% dari referensi asupan harian.

Tingginya vitamin C ini dapat memperbaiki system imun, membantu tubuh menyerap zat besi dan mendorong pertumbuhan tubuh.

2. Alpukat

Seperti tidak ada habisnya keuntungan dari mengonsumsi buah alpukat. Ternyata, alpukat dapat menjadi buah untuk penambah darah karena mengandung asam folat.

Satu cangkir buah alpukat dapat memenuhi sebanyak 23% kebutuhan harian akan asam folat Anda. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C,E,K dan B-6 serta asam omega-3.

3. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu buah yang baik untuk penambah darah karena kaya akan folat dan vtamin C sehingga dapat mencegah anemia.

Sebanyak 140 gram buah pepaya mengandung 53 mikrogram asam folat, yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 13%. Sementara itu, 145 gram pepaya menyediakan kandungan vitamin C sebanyak 87 mg atau 97% dari kebutuhan harian.

4. Semangka

Semangka juga mengandung zat besi. Tak hanya menyegarkan, buah ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah Anda. Satu potong semangka ukuran sedang bisa memberikan Anda zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain itu semangka juga mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh untuk penyerapan zat besi.

5. Wortel

Wortel merupakan buah yang kaya akan vitamin A. Vitamin A dalam bentuk retinol berperan dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh.

PDAM Makassar