kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Fahsar Padjalangi dan Jenderal Marga Taufik Berpeluang di Pilgub Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Ada beberapa figur wajah baru yang dianggap berpotensi maju di Pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2024 mendatang. Yakni Fahsar Padjalangi merupakan Bupati Bone dan Mayor Jenderal Marga Taufik, hal tersebut di ungkap Pengamat politik dari Universitas Bosowa Makassar Arief Wicaksono.

"Semua figur punya potensinya masing-masing. Akan tetapi, potensi itu harus juga disesuaikan dengan tingkat kesulitan mengelola institusi atau jabatan politik seperti Gubernur,"ujarnya, Rabu (26/01).

Pemprov Sulsel

Menurutnya, potensi yang dimiliki dilihat secara geopoliti ditambah lagi track record yang menentukan. Dimana wilayah Selatan di Luwu Raya dan timur seperti Kabupaten Bone memiliki jumlah wajib pilih signifikan setelah Makassar dan Gowa.

"Iya, selain itu Tana Luwu memang gudangnya para pemimpin. Apakah dia wajah baru atau wajah lama, Luwu termasuk wilyah di Sulawesi Selatan, yang memberikan jaminan kepemimpinan yang cukup mumpuni. Luwu juga seringkali dipandang sebagai representasi geopolitik yang patut diperhitungkan,"bebernya.

"Kalau maksudnya adalah siapa yang paling berpeluang diantara nama-nama diatas, ya belum bisa diketahui, karena belum terbit hasil pengukuran berupa survey,"tambahnya seraya mengatakan namun semua kemungkinan figur lainya , juga didasarkan pada dukungan partai politik.

Menurut pengusaha asal Tana Luwu, Jamaluddin Nawir, masyarakat Wija to Luwu tinggal mendorong satu tokoh dari enam figur di Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

Apalagi Daerah Tana Luwu bagian selatan tak pernah absen selama tiga periode Pilgub Sulsel. Termasuk di Bone, ia melihat ada juga kemungkinan untuk Fahsar Padjalangi merupakan Bupati Bone dua periode.

"Figur-figur ini patut dipertimbangan dan didorong ikut Pilgub Sulsel, minimal sebagai 02. Apalagi secara geopolitik, Luwu Raya punya jumlah pemilih yang banyak," ujar Jamaluddin.

PDAM Makassar