kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Cek Daftar Hari Besar Nasional-Internasional Bulan Juni 2024

Cek Daftar Hari Besar Nasional-Internasional Bulan Juni 2024
ilustrasi kalender (Dok : int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ternyata dibulan Juni 2024, terdapat beberapa hari besar nasional maupun internasional. Walau jumlahnya tidak sebanyak di bulan Mei.

Hari besar nasional merupakan hari penting yang berkaitan dengan Indonesia dan diperingati oleh masyarakat Indonesia saja. Sementara hari besar internasional dirayakan secara global, termasuk Indonesia.

Pemprov Sulsel

Lantas, apa saja hari besar nasional dan internasional yang terletak pada Juni 2024? Berikut daftar hari besar nasional dan internasional beserta penjelasan singkatnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Daftar Hari Besar Nasional Juni 2024

1. Hari Lahir Pancasila (1 Juni)

Setiap 1 Juni, masyarakat Indonesia merayakan Hari Lahir Pancasila.Pemilihan tanggal 1 Juni berasal dari momen sidang BPUPKI yang mulai menggelar sidang pertamanya pada 29 Mei 1945. Untuk 2024, tema yang diangkat adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

2. Hari Pasar Modal Indonesia (3 Juni)

Hari Pasar Modal Indonesia. Peringatan ini muncul untuk merayakan pembukaan kembali pasar modal Indonesia setelah vakum akibat situasi politik dan ekonomi yang tidak stabil.

3. Hari Media Sosial Indonesia (10 Juni)

10 Juni dirayakan sebagai Hari Media Sosial Indonesia. Dengan tujuan perayaan ini adalah menghargai dan mengakui peran besar media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

4. Hari Dermaga Nasional (17 Juni)

Tujuan peringatan Hari Dermaga Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap peran penting dermaga dan pelabuhan dalam mendukung perekonomian nasional.

5. Hari Krida Pertanian (21 Juni)

Hari Krida Pertanian adalah kegiatan untuk mengenang dan menghargai para petani, peternak, pegawai, dan pengusaha yang bekerja di bidang pertanian. Pemilihan tanggal peringatannya didasarkan faktor astronomi dan musim. Sebab, pada 21 Juni, kondisi astronomi di Indonesia berubah dan mempengaruhi pertanian.

6. Hari Bidan Nasional (24 Juni)

Pemilihan 24 Juni untuk peringatan Hari Bidan Nasional didasari atas tanggal berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada 24 Juni 1951. Peringatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan tugas mulia bidan.

7. Hari Keluarga Nasional (29 Juni)

Bermula pada tanggal 29 Juni 1949, usai berperang melawan Belanda, para pejuang yang gugur kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, sedangkan yang selamat kembali ke keluarganya. Momen bersejarah ini menjadi alasan diadakannya Hari Keluarga Nasional berdasarkan Keppres Nomor 39 Tahun 2014.\, sebagai bentuk penghargaan dan pengingat momen penting ini.

Daftar Hari Besar Internasional Juni 2024

1. Hari Anak Internasional (1 Juni)

Tujuan peringatan ini adalah mengakhiri kekerasan terhadap anak, mengakhiri perampasan hak anak, dan melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak di seantero dunia. Perlu diingat, perayaan ini berbeda dengan Hari Anak Sedunia pada 20 November.

2. Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni)

Pertama kali ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1972, Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk mengajak masyarakat melindungi alam sekitar. Untuk memeringatinya, detikers dapat menanam pohon, bergabung komunitas sukarelawan pecinta lingkungan, ataupun membagikan edukasi seputar lingkungan.

3. Hari Laut Sedunia (8 Juni)

Laut adalah salah satu sumber makanan dan obat-obatan bagi manusia. Selain itu, ia juga membantu menjaga iklim bumi tetap terkendali. Untuk mempromosikan gerakan pelestarian laut, dirayakanlah Hari Laut Sedunia setiap 8 Juni.

4. Hari Donor Darah Sedunia (14 Juni)

Donor darah merupakan kegiatan penting yang memiliki banyak kegunaan. Dari darah yang didonorkan, penelitian lanjutan, pemakaian darurat untuk korban, dan perawatan plasma pasien jadi memungkinkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, donor darah diperingati setiap 14 Juni dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kegiatan ini bagi dunia kesehatan.

5. Hari Pengungsi Sedunia (20 Juni)

Hari libur ini diresmikan oleh PBB pada tahun 2000. Sejak saat itu, berbagai komunitas di penjuru dunia menghabiskan tanggal 20 Juni untuk meningkatkan kualitas kehidupan para pengungsi.

6. Hari Anti Narkoba Internasional (26 Juni)

Nama asli peringatan ini adalah International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking. Dideklarasikan oleh PBB untuk diperingati setiap 26 Juni, hari ini bertujuan untuk menentukan tindakan dan kerja sama dalam rangka memeriksa penyalahgunaan dan perdagangan narkoba.

7. Hari Nelayan Internasional (29 Juni)

Ikan hasil tangkapan nelayan telah menjadi sumber pangan manusia sejak zaman dahulu. Untuk memperkuat hubungan antara komunitas nelayan serta berbagai pemangku kepentingan di sektor perikanan, Hari Nelayan Internasional diselenggarakan oleh Komite Hari Nelayan di berbagai negara.

PDAM Makassar