kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Cegah Kanker Serviks, Kemenkes Bakal Beri Vaksinasi HPV Gratis untuk Siswa SD

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal melakukan program pemberian vaksinasi HPV secara gratis untuk mencegah angka pengidap kanker leher rahim (Kanker Serviks) pada wanita. 

Vaksinasi HPV gratis bakal diberikan tahun 2023 ini kepada siswi perempuan kelas 5 dan 6 SD dan merata di 34 Provinsi di Indonesia. 

Pemprov Sulsel

Selain vaksinasi, Kemenkes juga tengah menyiapkan program percontohan untuk pemeriksaan kanker serviks menggunakan metode HPV DNA Test. 

Saat ini HPV DNA test dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta, yaitu Jakarta pusat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. 

Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengungkapkan, program tersebut bisa dilaksanakan dengan kerjasama berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah untuk memastikan capaian imunisasi dapat sesuai dengan target. 

“Dengan demikian kita dapat melindungi masa depan generasi penerus bangsa, memastikan anak-anak kita dapat tumbuh dengan baik dan sehat,” ungkap dr Syahril dilansir dari KabarMakassar.com jaringan KabarBugis.id, Sabtu (27/5).

Untuk diketahui, data World Health Organization (WHO) menyebutkan, kanker serviks adalah kanker yang paling banyak keempat diidap wanita di dunia. 

Lebih dari 95% kasus kanker serviks disebabkan oleh virus human papiloma.

WHO merekomendasikan anak perempuan berusia 9 hingga 14 tahun mendapatkan vaksinasi untuk mencegah kanker serviks. 

Sementara untuk wanita dengan usia 30 hingga 49 tahun, sebaiknya melakukan screening rutin untuk mendeteksi dini dan penanganan dini.

Untuk diketahui kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul komplikasi serius.

PDAM Makassar