kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Baru Sepekan Dilantik Jadi Anggota DPRD, Muhammad Basir Dipercaya Tukangi Ketua Fraksi PKB

banner 468x60

KabarSelatan.id — Baru saja sepekan dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Jeneponto melalui Pergantian Antara Waktu (PAW). kini, Muhammad Basir dipercaya sebagai Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggantikan Kaharuddin Gau.

Terpilihnya pria kelahiran Jeneponto Tahun 1986 ini usai Wakil Ketua I DPRD Jeneponto Irmawati Zainuddin mengumumkan bahwa, Muhammad Basir didapuk sebagai Ketua Fraksi PKB setelah sidang Paripurna APBD Perubahan Tahun 2023 digelar.

Pemprov Sulsel

Dalam pengumumannya, Irmawati Zainuddin menyatakan kepada pimpinan atau Ketua DPD Kabupaten Jeneponto ditempat.

"Semua yang ditetapkan oleh dewan pengurus Partai Politik rapat Fraksi dari Pimpinan DPR,  Maka perlu kami sampaikan rapat fraksi dan susunan terbaru DPRD 2024 terbaru, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Ketua Muhammad Basir, Wakil Ketua Kaharuddin Gau, Sekertaris Hartono, Anggota Syamsul Kamal, demikian kami sampaikan," kata Irmawati dalam rapat paripurna DPRD Jeneponto, Jumat (29/09).

Sementara itu, Muhammad Basir yang ditunjuk sebagai Ketua Fraksi PKB mengatakan, tugas dan tanggung jawab besar tersebut akan dijaga sebaik mungkin sesuai dengan tugas yang telah diamanatkan.

"Saya bersyukur atas didaulatnya jadi Ketua Fraksi PKB Jeneponto, maka saya akan berusaha menjalankan fungsi-fungsi dan kewenangan DPR sebagaimana mestinya," tutur Sekretaris PKB tersebut.

Diwaktu yang berbeda, Hartono selaku Sekertaris Fraksi Partai PKB mengatakan, terpilihnya Basir sudah melalui sejumlah tahapan sehingga dipilih menjadi Ketua Fraksi PKB.

" Pak Basir kan merupakan pengurus inti, yakni, Sekretaris, Di lain sisi, Dia juga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan kapasitas yang baik, lalu kemudian terpilih dari hasil musyawarah mufakat dengan sesama anggota DPRD Fraksi PKB," ujarnya kepada kabarselatan.id, Jumat (29/09) malam.

Disinggung terkait penggantian Kaharuddin Gau sebagai Ketua Fraksi yang notabanenya sudah lama menjabat, Hartono mengaku bahwa pria yang kerap disapa KG itu sudah legowo dengan keputusan tersebut.

" Pak Kaharuddin Gau juga sudah lama menjadi Ketua Fraksi dan saya tadi bertiga sudah bermusyawarah bahwa sepakat Muhammad Basir sebagai Ketua Fraksi PKB," tandas Mantan Kades Bulusuka ini.

Berbeda halnya dengan pengakuan Ketua Bapilu PKB Jeneponto,  H. Mustapa Rola yang sontak kaget mendengar kabar tersebut.

" Saya belum dapat informasi soal itu, barusanpi ini Saya dapat dari Kita (Wartawan)," akunya.

Meski begitu, Ketua Pemenangan Partai PKB ini tetap menyatakan ikut serta bergembira dengan keputusan tersebut. Bahkan, Mustapa tak segan untuk menyampaikan ucapan selamat kepada Muhammad Basir.

" Alhamdulillah, Saya ucapkan selamat kepada Pak Basir karena sudah menjadi Ketua Fraksi PKB, semoga amanah dan mampu bekerja sesuai aturan yang berlaku serta mampu bekerjasama dengan pimpinan fraksi Partai Politik lainnya di DPRD. Khususnya, para anggota Fraksi PKB dan kadernya," pungkasnya.

Berdasarkan informasi, Muhammad Basir baru terpilih menjadi anggota DPRD sejak Rabu, 20 September 2023 lalu menggantikan M. Ansar yang hijrah ke Partai Hanura.

Tercatat, karir politik pria berusia 37 tahun ini  bergabung ke Partai besutan Cak Imin sejak Tahun 2013 hingga saat ini.

Mahasiswa jurusan Studi Pembangunan Ekonomi dari Alumni perguruan tinggi Yayasan Pendidikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) YAPTI di tahun 2009 ini juga ternyata pernah masuk Caleg Partai PKB 2014.

Sejak itu pula, Muhammad Basir juga sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Partai PKB mendampingi H. Muhammad Syarif Kr Patta yang juga digadang-gadang bakal maju sebagai Bakal calon Bupati Jeneponto di Pilkada tahun 2024 mendatang.

PDAM Makassar