kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

6 Poin Deklarasi Damai Pilkades di Pinrang, Bupati: Proses jika ada Kecurangan

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Sejumlah calon kepala desa di Kabupaten Pinrang berikrar dan deklarasi Pilkades damai. Deklarasi damai itu dilakukan menghadapi pemilihan kepala desa serentak awal Juli 2023 mendatang.

Ikrar deklarasi damai Pilkades serentak yang diucapkan seluruh calon Kades dari 13 desa di Kabupaten Pinrang. Berikut isi ikrar deklarasi damai tersebut:

Pemprov Sulsel

Pertama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermanfaat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilkades serentak Kab. Pinrang 2023.

Kedua siap mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades.

Ketiga bertekad menciptakan situasi aman dan kondusif selama pelaksanaan pencoblosan dan perhitungan suara.

Keempat siap menang dan siap kalah serta menerima hasil perhitungan suara.

Kelima tidak akan melakukan pelanggaran tahapan Pilkades.

Kelima tidak akan mengganti perangkat Desa saat terpilih menjadi kepala Desa sebagaimana diatur dalam Permendagri 67 Tahun 2017 dan.

Keenam menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tidak akan melakukan politik uang selama Pilkades.

Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid yang turut hadir menyaksikan mengatakan deklarasi damai ini bertujuan untuk mencegah timbulnya permasalahan pada saat Pilkades nanti.

Pilkades yang akan digelar dalam waktu dekat kita berharap berlangsung kondusif, aman dan menghasilkan pemerintah desa yang pro kepada rakyatnya.

"Kami juga berharap deklarasi ini jangan hanya dijadikan seremonial belaka dengan harapan para peserta yang ikut berkontestasi dapat membawa desa menjadi lebih maju dan sejahtera apabila terpilih nantinya," kata Irwan Hamid dihadapan seluruh calon Kades usai ikrar deklarasi damai yang digelar di ruang pola Bupati, Selasa (27/6).

Selain itu, Irwan Hamid berharap pihak keamanan lebih intensif dalam melakukan pengawalan dan pengawasan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pinrang.

Dia mengatakan jika terdapat calon Kades yang melanggar deklarasi damai tersebut agar dilakukan tindakan tegas.

"Kami juga berharap agar pihak berwajib baik dari Kodim 1404/Pinrang dan juga Polres Pinrang agar lebih intensif pada saat Pilkades apabila terjadi kecurangan, kekacauan dan lain sebagainya agar langsung diproses saja untuk memberikan efek jera," tegasnya.

Lanjut Irwan, begitu juga terhadap panitia pelaksanaan Pilkades ini tidak berpihak ke calon manapun karena akan mencederai demokrasi khususnya demokrasi di Kabupaten Pinrang.

"Saya sangat berharap, semua tahapan berjalan dengan lancar dan pilkades menghasilkan pemimpin yang amanah," pungkasnya.

Selain itu deklarasi damai Pilkades serentak di Kabupaten Pinrang turut disaksikan oleh Ketua DPRD Pinrang Muhtadin, Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan, Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, Kasubsi A Kejaksaan Negeri Pinrang Ramdhan Dwi Saputro, Kadis PMD Pinrang Andi Mahmud Bancing AP dan sejumlah pihak terkait.

PDAM Makassar