kabarbursa.com
kabarbursa.com

Dany Pomanto Akan Renovasi Total TPI Paotere Tahun Depan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengumumkan rencananya untuk melakukan renovasi total Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere pada tahun depan.

Pemkot Makassar telah menyiapkan dana sekitar Rp50 miliar untuk memperbaharui infrastruktur TPI tersebut.

Pemprov Sulsel

Menurut Danny Pomanto, TPI Paotere memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi Kota Makassar, tidak hanya dari segi kapasitas dan keanekaragaman laut, tetapi juga sebagai bagian integral dari identitas kota.

“Tidak ada Makassar kalau tidak ada Paotere,” tegas Danny saat acara Syukuran Renovasi TPI Paotere Tahun Anggaran 2023 pada Selasa (26/12).

Renovasi tahun ini melibatkan beberapa perbaikan, termasuk atap dan tegel, membuat bangunan TPI terlihat lebih besar, bersih, dan menarik.

Danny menekankan keterkaitan erat antara Paotere dan citra Makassar sebagai Kota Makan Enak. Oleh karena itu, peran TPI dalam olahan makanan ikan sangat signifikan.

Dalam perencanaan renovasi total, anggaran akan dialokasikan melalui Anggaran Perubahan dengan skema pembangunan multiyears untuk memastikan sarana dan prasarana TPI lebih lengkap dan memadai.

Danny Pomanto, yang sudah dua periode menjabat sebagai wali kota, menyatakan keinginannya untuk merehabilitasi TPI Paotere sejak lama.

Selain mengangkat nilai sejarah, Danny berharap TPI Paotere akan menjadi daya tarik utama dalam pariwisata Kota Makassar.

Meskipun belum menjadi aset Pemkot Makassar, Danny telah mengajukan surat agar aset TPI dikembalikan ke kota.

Hasil renovasi tahun 2023 akan disampaikan kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, yang secara prinsip telah menyetujuinya.

PDAM Makassar