Wisatawan Perancis Ramaikan Obyek Wisata Kete Kesu

Wisatawan Perancis Ramaikan Obyek Wisata Kete Kesu

Wisatawan Perancis Ramaikan Obyek Wisata Kete Kesu

Kabar Makassar -- Obyek wisata Kete kesu di Toraja Utara, provinsi Sulsel kian ramai dikunjungi wisatawan. Puncaknya terjadi pada bulan Januari dan April 2017, wisatawan asing yang mendominasi kunjungannya di obyek wisata tersebut berasal dari negara Perancis.

Sebanyak 334 wisatawan hadir di obyek wisata tersebut terhitung dari awal tahun 2017 hingga pada bulan April 2017.

"Wisman dari Perancis yang berkunjung ke Ke`te` Kesu` selama periode tersebut melalui travel 244 orang sedang non travel 90 orang," kata Ketua Pengelola Objek Wisata Ke`te` Kesu` Kabupaten Toraja Utara Layuk Sarungallo di Rantepao, Senin 17 juli 2017.

Layuk mengatakan jika wisman yang mengunjungi objek wisata tersebut pada periode itu mencapai 1.445 orang. Setelah Perancis, pengunjung terbanyak lainnya dari Belanda 254 orang, Jerman 207 orang, Spanyol 56 orang dan Jepang 50 orang.

Sementara jumlah wisatawan nusantara (wisnu) yang berkunjung ke Ke`te Kesu pada semester pertama tahun 2017 mencapai 44.651 orang. Wisnu yang mengunjungi objek wisata tersebut didominasi dari Makassar sebanyak 11.084 orang, menyusul Kota Palopo 4.731 orang, Makale 4.041 orang, Rantepao 3.984 orang.

Sedangkan wisnu dari luar Sulsel terbanyak dari Jakarta 2.321 orang, menyusul Kendari 428 orang dan Bandung 345 orang.

Ke`te` Kesu` salah satu objek wisata di Kabupaten Toraja Utara, di lokasi ini pengunjung dapat melihat barisan rumah adat masyarakat Toraja (Tongkonan) dan makam batu yang berusia sekitar 500 tahun.

Rumah Tongkonan yang berdiri di area wisata diperkirakan berumur 400 tahun. Di rumah adat ini, pengunjung dapat melihat bentuk rumah, ukiran khas Toraja, lumbung padi (alang sura), barisan tanduk kerbau yang terpampang di tiang rumah.

Tidak hanya itu beberapa tahun lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama istri dan rombongan Menteri sempat menikmati keindahan alam di Toraja Utara. Bahkan kopi asli Toraja menjadi obyek pentik saat pejabat negara hadir di tongkonan Kete kesu beberapa waktu lalu.

Foto: Int

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close