Waspadai, Narkotika Efek ‘Zombie’ Ada di Indonesia

Kabar Makassar —– Pasca pemberitaan penyalahgunaan narkotika jenis baru yang terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai peredaran narkoba jenis Flakka.

Narkoba jenis baru ini diakui sangat berbahaya bagi penggunanya dan memiliki efek yang sangat kuat. Pengguna yang memakai barang tersebut merasa dirinya tidak seperti manusia atau seperti orang gila.

Baca juga :   Pemprov Sulsel Terus Berupaya Dalam Meningkatkan SDM

Kepala Bidang Pencegahan BNNP Sulsel, Jamal mengaku meski obat terlarang belum ada ditemukan beredar di Sulsel, namun pihaknya tetap akan waspada.

“Kita belum bisa mengatakan daerah ini aman, karena siapa tahu sudah ada juga beredar di masyarakat. Tapi belum ada laporan atau belum ditemukan. Jadi kita harus waspada antisipasi dengan kejadian di Kendari,” katanya.

Baca juga :   300 ASN Terima Satya Lencana

Menurut Jamal, narkoba jenis baru ini sangat berpotensi masuk di wilayah Sulsel. Hal ini dilihat dari angka penyalagunaan narkotika di wilayah hukumnya masuk urutan sembilan tertinggi di Indonesia.

Sesuai data BNN Sulsel, angka penyalagunaan narkotika di Sulsel mencapai 130 ribu. Pengguna di Sulsel didominasi usia produktif.