Walikota Makassar dan Potensi Kerjasama dengan KSPBI

Kabar Makassar — Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkangkapkan besarnya potensi kerja sama yang bisa disinergikan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan Kooperasi Persatuan Buruh Indonesia (KSPBI).

Danny mengatakan KSPBI adalah organisasi yang bakal mempu mengarungi keunggulan- keunggulan dan mempersiapkan diri mengambil peran di masa depan.

Wali kota berlatar belakang arsitek ini melihat konsolidasi seluruh serikat buruh di Indonesia sangat baik. Hal ini akan memberi kemudahan yang diharapkan mampu membangun sinergitas dengan pemerintah memikirkan masalah- masalah perburuhan di Indonesia khususnya di kota Makassar.

“Konsolidasi buruh yang sangat baik ini akan memberi kemudahan bagi kita yang kemudian secara sinergitas bersama pemerintah kita majukan semua hal dalam perburuhan baik itu pada sektor koperasinya dan hal- hal yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah,” kata Danny saat hadiri buka puasa bersama sekaligus meresmikan kantor Kelompok Serikat Pekerja Buruh Indonesia di Jl. Sabutung, Selasa, 20 Juni 2017.

Baca juga :   Alhamdulillah, Underpass Simpang Lima Bandara Resmi diBuka

Beberapa hal yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kota Makassar kata Danny seperti sektor kesehatan dan sektor kebersihan.

Menurut Danny, buruh tersebar mulai dari pelabuhan, pusat- pusat perbelanjaan, hingga di industri- industri. Keberadaan tersebut bisa disinergikan dengan salah satu program pemerintah, Makassar ta Tidak Rantasa (MTR), sehingga mereka bisa menjadi agen- agen kebersihan di lingkungan kerja masing- masing.

Baca juga :   Protes Dualisme Kepengurusan Kampus, Mahasiswa UPRI Demo

Mereka bisa bekerja sama yang lebih produktif, misalnya program pemerintah yang sedang membangun Bulo (Badan Usaha Lorong) di lorong- lorong. Alangkah lebih baik lagi jika buruh bisa menjadi promotor Bulo di tempat kerjanya, dengan menanam lombok dan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi lainnya.

“Hasilnya bisa kita jual agar menjadi penghasilan tambahan di samping juga kita bisa pakai untuk kebutuhan sehari- hari,” katanya.

Hari ini Makassar menurut Danny telah berhasil menekan inflasi di kota Makassar menjadi deflasi salah satunya berkat program Bulo tersebut.

Baca juga :   SYL Minta Sistem Pelayanan Perbankan Ditingkatkan

“Maka konsolidasi buruh seperti ini dan hadirnya koperasi KSPBI memberi kita wadah agar mudah ber-networking demi kepentingan kita bersama ke depan,” ucapnya lagi.

Hadir dalam kesempatan ini Mukhtar Guntur Ketua pengurus Pusat Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan. (Advetorial)

Penulis   : Marwah

Editor    : Nick

Foto       : Humas Pemkot Makassar