News

Walikota Makassar, Berharap Rancangan Perubahan APBD 2017 Disusun Secara Bijaksana

Walikota Makassar, Berharap Rancangan Perubahan APBD 2017 Disusun Secara Bijaksana

Kabar Makassar--- Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menghadiri rapat Paripurna DPRD kota Makassar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar Jumat, 06 Oktober 2017.

Danny Pomantop panggilan akrab Walikota Makassar hadir dalam rangka penjelasan Walikota Makassar sebagai pengantar nota keuangan dan rancangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2017 kota Makassar.

Rapat diawali dengan pembukaan dan dipimpin Ketua DPRD kota Makasaar Farouk M Betta didampingi Wakil Ketua I DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, Wakil Ketua II DPRD Makassar, Erick Horas, Wakil Ketua III DPRD Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan Walikota Makassar tentang penjelasan nota keuangan dan rancangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2017 kota Makassar.

Walikota kemudian menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna. Anggota DPRD sendiri yang sempat hadir dalam rapat paripurna berjumlah 33 orang.

“Rancangan perubahan APBD tahun 2017 ini disusun dengan berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 21 tahun 2011 serta peraturan menteri dalam negeri nomor 31 tahun 2016. Tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2017,” kata Ramdhan pomanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Danny menuturkan bahwa rancangan perubahan APBD tahun 2017 diupayakan untuk disusun secara arif dan bijaksana dengan mempertajam skala prioritas agar dapat dilaksanakan secara optimal, tepat sasaran, efektif dan efesien dengan tetap memperhatikan aspirasi yang berkembang di masyarakat, baik yang direkam secara langsung oleh eksekutif melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan kota maupun aspirasi masyarakat yang direkam oleh dewan yang terhormat pada saat pelaksanaan reses dan yang disampaikan sekretariat DPRD Kota Makassar.

Rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2017, untuk Pendapatan daerah yang direncanakan sebesar 3,51 triliun lebih dan belanja daerah direncanakan sebesar 3,68 triliun lebih, mengalami defisit sebesar 169,40 Miliar yang ditutupi melalui pembiayaan sebesar 173,40 Miliar lebih dan pengeluaran Pembiayaan sebesar 4 miliar.

Sedangkan untuk perubahan anggaran belanja tahun anggaran 2017, keseluruhannya direncanakan sebesar 3,68 triliun lebih, jika dibandingkan dengan APBD pokok tahun anggaran 2017 yang ditetapkan sebesar 3,81 triliun lebih, mengalami penurunan sebesar 131,87 miliar lebih atau menurun sebesar 3,41 persen.

Diakhir sambutannya, walikota Makassar mengatakan bahwa rancangan perubahan APBD belumlah dapat mengkordinir seluruh aspirasi dan tuntutan yang disampaikan masyarakat, namun DP tetap yakin dengan hubungan yang harmonis dari seluruh anggota DPRD kota Makassar, semoga bisa menjadi sebuah solusi mengatasi kelemahan dan kekurangan dalam rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2017.

Penulis: Indrawan
Foto : Walikota Makassar Danny Pomanto mengikuti pembahasan rancangan perubahan APBD TA 2017 dalam rapat Paripurna di DPRD Makassar, Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Jumat 06 Oktober 2017. (Indrawan)

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close