Wali Kota Bahas Ranperda Sumbangan Sukarela Pendidikan Berkualitas

Wali Kota Bahas Ranperda Sumbangan Sukarela Pendidikan Berkualitas

Wali Kota Bahas Ranperda Sumbangan Sukarela Pendidikan Berkualitas

Kabar Makassar -- Kota Makassar diwakili Asisten II, Selasa 12 September 2017, membuka dan menghadiri kegiatan pembahasan rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang pelaksanaan sumbangan sukarela pendidikan berkualitas di Makassar. Kegiatan ini dihadiri para kepala sekolah sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan atas se-Kota Makassar.

Kegiatan ini merupakan inisiatif Dinas Pendidikan Kota Makassar mengingat banyaknya hal kontradiktif mengenai sumbangan-sumbangan yang terjadi di lingkup pendidikan. Oleh sebab itu, perlu adanya pedoman sebagai payung hukum agar gerak kepala sekolah tidak melenceng dari aturan.

Aspirama, Kabag Hukum Pemkot Makassar mengatakan kegiatan ini sebagai landasan bagi para kepala sekolah agar mengetahui tata cara supaya sumbangan-sumbangan yang ditemukan dilingkup akademik tidak teridentifikasi sebagai pungutan liar.

Dalam hal ini Diknas dan Kabag Hukum Pemkot Makassar bekerja sama dengan menggunakan pedoman Permendiknas acuan dan sumber. Kadis Kota Makassar menghimbau seluruh kepala sekolah yang hadir agar nantinya menyosialisasikan hasil dari rancangan peraturan tersebut.

Mengingat banyaknya pungutan liar yang terjadi di kalangan akademik, perlu adanya aturan yang mengikat, dalam hal ini pelaksanaan sumbangan sukarela dapat bersumber dari: pemerintah, Pemprov, pemda, orang tua, alumni, masyarakat, swasta BUMN, dan pihak yang sah menurut perundang-undangan dan tdk mengikat. Prinsip pelaksanaan sumbangan sukarela pada sekolah harus disampaikan secara transparan, dan akuntabel.

Pelaksanaan sumbangan sukarela pendidikan berkualitas di kota Makassar hanya terkendala karena tidak dibahas sanksi bagi yang melanggar. Peraturan ini akan diperbaiki kembali sebelum diberlakukan di sekolah-sekolah, sesuai saran dari narasumber dan para kepala sekolah yang hadir.

Penulis: Sriwati Ilyas

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close