Wacana Perpindahan Istana Negara, SYL: Perlu di Kaji Lagi

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo saat berbincang dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik di Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Sungai Tangka. Jum'at, 16 Juni 2017. [Foto: Humas Pemprov]

Kabar Makassar– Menanggapi wacana soal perpindahan Istana Negara ke kota Palangkaraya, Gubernur Sulsel Syahrul mengatakan hal tersebut perlu dikaji kembali.

Menurutnya, salah satu alternatif yang penting untuk istana negara yaitu daerah yang 200 tahun kedepannya dijamin tidak terkena bencana.

“Wacana perpindahan istana negara ke Palangkaraya, saya kira itu harus dikaji lebih baik yang cocok itu kalau pindah ke Makassar karena kita kan sudah siapkan wisma negara dan kalau mau liat tengah-tengahnya Indonesia kan ada di Makassar,” kata Syahrul YL. Jumat, 7 Juli 2017.

Baca juga :   Waspadai, Narkotika Efek 'Zombie' Ada di Indonesia

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengusulkan perpindahan Istana Negara di Pulau Kalimantan dan Sulawesi Barat, tapi jika melihat kembali dari sisi fasilitas ke dua wilayah tersebut belum terlalu siap untuk menjadi tempat Istana.

“Kalau mau yang fasilitasnya lebih siap, fasililitas laut, darat dan udara yang paling siap siapa, terus secara klasik provinsi kita ini provinsi tua, secara historis secara filosofi, secara faktual apalagi. Kepentingan-kepentingan yang terkaitkan semuanya disitu jadi kalau mau memindahkan daerah tentu ke tempat yang efektif dong,” imbuhnya.

Baca juga :   Wajah Baru Duta Humas Makassar

Sedangkan jika dilihat dari segi dampak pertumbuhan ekonomi jika istana negara benar-benar dipindahkan, Syahrul YL memandang bahwa Sulsel telah siap atas dampak apapun karena menurutnya di Sulsel semua fasilitas telah siap.

“Dampak ekonomi dari pemindahan ibukota yang jelas lebih sedikit kalau kita mau karena minimal kita bisa sudah jalan sendiri, lihat kapalnya sudah tidak ada masalah kereta apinya juga sementara kita buat, kantor-kantor dan hotel-hotel disini bisa di pakai untuk memperbaiki sistem,” tutupnya.

Baca juga :   Hari Pertama Kerja Banyak OPD Yang Mangkir

Foto: Humas Pemprov Sulsel

[divider sc_id=”sc398318828919″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1694″ sc_id=”sc379348110238″]