Video: Unik, Wawancara Gadis Tuli Ini Jadi Perhatian Warga

KabarMakassar.com — Unik gaya reporter ini saat melakukan wawancara khusus dengan salah seorang penyandang disabilitas tuli di salah satu halte yang terletak di Jalan  Sudirman Kota Makassar

Dalam tayangan video ini tampak seorang gadis manis tengah asyik berkomunikasi dengan mengayunkan kedua tangannya. Ketika tim pemberitaan KabarMakassar.com menemui perempuan yang akrab disapa Anggi ini.

Anggi yang aktif dalam Gerakan untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia (Gerkatin) Kota Makassar ini. Terlihat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan dari sang jurnalis kantor berita lokal itu.

Baca juga :   Aksi Kamisan, Ini Pernyataan PerDIK Terkait Persekusi Difabel

Gadis yang sejak kecil tidak bisa menggunakan indera pendengarannya. Namun pemikirannya sangat kritis menyikapi persoalan sosial masyarakat di kota ini.

Meski mahasiswi Tuli ini didampingi seorang penerjemah bahasa isyarat. Dirinya cukup kritis saat ditanya terkait persoalan hak penyandang disabilitas di kota ini.

Andi Muhammad Mardhatillah, Relawan Undeafeted yang aktif mendampingi Anggi dalam melakukan komunikasi oral ke orang lain. Mengakui jika perguruan tinggi di daerah ini masih diskriminatif dalam menyiapkan layanan khusus bagi penyandang difabel Tuli.

Baca juga :   Mahasiswa Sibuk Demo, Polisi Ini Pungut Sampah

“Dosen hanya menggunakan metode oral, seharusnya diberikan juga akses baik penerjemah dan bentuk akses lainnya bagi difabel Tuli sehingga saya bisa belajar,” ungkap pria yang akrab disapa Tillah ini

Pernyataan Tillah ini diperoleh saat mendampingi Anggi yang wajib menggunakan penerjemah agar dapat berkomunikasi aktif dengan orang lain.

Dalam interview itu, Anggi aktif menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia atau biasa dikenal dengan BISINDO. (*/Nck)

Baca juga :   Hujan Deras, Gelombang Perairan Makassar Setinggi 2,5 Meter

VJ Marwah Whibley