Upacara Peringatan HUT RI di Atas Kapal Pinisi Pertama di Kota Makassar

Upacara Peringatan HUT RI di Atas Kapal Pinisi Pertama di Kota Makassar

Upacara Peringatan HUT RI di Atas Kapal Pinisi Pertama di Kota Makassar

Kabar Makassar -- Kemeriahan tentu mewarnai perayaan HUT Republik Indonesia setiap tahunnya. Segenap kalangan masyarakat berlomba-lomba turut merayakan hari kemerdekaan rakyat Indonesia. Diantara riuhnya gegap gempita pesta kemerdekaan, upacara bendera menjadi satu hal pasti yang dilakukan. Maka, di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72, masyarakat Makassar dalam hal ini oleh Yayasan Makassar Skalia, Pinisi Bagi Negeri, MSDC UH, Yayasan Konservasi Laut, mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya serta beberapa media melaksanakan upacara bendera dalam rangka HUT RI di atas kapal Pinisi untuk pertama kalinya di Makassar.

Pinisi yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia turut mengambil peranan dalam perayaan kemerdekaan Indonesia yang 72 tahun bersama masyarakat Makassar. Upacara berjalan khidmat dipimpin oleh Andi Muh. Agung Pratama AR sebagai pembina upacara yang juga membacakan teks proklamasi setelah sirine detik-detik proklamasi digaungkan. Upacara yang dilakukan diperairan pulau Samalona kemudian berakhir setelah bendera merah putih dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera diantaranya Djodi Islami, Indah Kartika, dan Indra Dwiantara.

"Upacara bendera di atas kapal Pinisi dilakukan agar berbeda dari kegiatan perayaan HUT RI lainnya. Selain itu, Pinisi yang merupakan simbol kejayaan maritim bangsa Indonesia diharapkan mampu mebangkitkan semangat maritim masyarakat Indonesia. Dimana hal ini juga sejalan dengan nawacita nusantara saat ini" ungkap Mirwan Anugrah, Program Manager Yayasan Makassar Skalia.

Irfan Thofiq Firdaus dan Shandy Fajral Taupan, mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya turut menyampaikan kesan setelah mengikuti upacara.

"Keren, sebuah kegiatan yang kreatif, pengalaman yang baru, terlebih sebelumnya belum pernah naik Pinisi. Apalagi Pinisi kan sebuah ikon. Semoga kedepannya bisa lebih kreatif lagi"katanya.

Setelah upacara pengibaran bendera dilaksanakan, kegiatan lalu dilanjutkan dengan upacara bawah laut, pemasangan fragmen transplantasi karang, serta pembersihan kebun karang yang merupakan program kerjasama Yayasan Makassar Skalia dengan MSDC UH yang tengah dijalankan. Dirgahayu Republik Indonesia !.

Citizen Report by MSDC Unhas

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close