News

Unik, Ada Kampung Manusia Kepiting di Bone Sulsel

Unik, Ada Kampung Manusia Kepiting di Bone Sulsel

Kabar Makassar-- Salah satu daerah di pedalaman Bone, Sulawesi Selatan tepatnya di Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Bone. Ditemukan sekelompok waraga dalam satu perkampungan dengan kondisi fisik yang tidak biasa.

Puluhan penduduk yang ada di daerah tersebut menderita kelainan pada tangan dan kaki, dimana jari tangan dan kaki mereka menyerupai capit kepiting.

Ironisnya hal kelainan tersebut tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang warga melainkan mulai dari lanjut usia hingga lima tahun jari jari tangan dan kaki mereka terbelah menjadi dua bagian.

Bahkan ada diantara mereka yang hanya memiliki tiga ruas jari, sehingga jika hendak digunakan atau difungsikan terlihat mirip kepiting.

Namun, bagi masyarakat setempat, fenomena jari kepting ini dianggap sebagai kutukan bagi mereka yang beasal dari satu garis keturunan yang sama.

Tapi dari sisi ilmiah hal ini dianggap sebagi penyakit atau kelainan pada jari jari dikarenakan asupan gizi yang kurang semasa dalam kandungan.

Bagi masyarakat Ulutaue, ini sudah menajdi hal yang biasa, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan pada jari tangan dan kaki tetap melakukan pekerjaan layaknya orangn orang normal pada umumnya, meski terkadang kondisi jari tangan dan kaki tersebut mempersulit pekerjaan mereka yang rata rata berprofesi sebagai nelayan.

Dengan kunikan langkah yang mereka miliki, warga Ulutaue ini tidak merasa malu dan minder jika berpapasan dengan masyarakat kampung lainnya.

Tapi disisi lain, karena keanehan pada jari tangan dan kaki mereka sebagian warga ada yang takut dan enggan bergaul dengan mereka.

Hal itu mengakibatkan Desa Ulutaue menajdi terasing dan oleh warga sekita menjulukinya 'Kampung Manusia Kepiting'. (Berbagi Sumber)

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close