News

Unhas Siap Jawab Tantangan Wirausaha Generasi Milenial

Unhas Siap Jawab Tantangan Wirausaha Generasi Milenial

Kabar Makassar-- Rektor Universitas Hasanuddin Dwia A. Tina Pulubuhu apresiasi inisiatif Kantor Staff Kepresidenan RI (KSP) mencari bibit wirausaha muda melalui "Entrepreneurs Wanted" yang digelar di Auditorium kampus Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa, 31 Oktober 2017.

Dengan menghadirkan Irvan Helmi, perintis Anomali Coffee serta Monica Oudang dari Go-Jek Indonesia, lanjutnya telah memberikan motivasi bagi generasi milenial untuk membuka lapangan kerja baru.

Dia mengatakan, 32 ribu mahasiswanya yang kaum milenial, memiliki potensi untuk menjadi pengusaha yang sukses. “Mereka tidak sabar dan sangat antusias untuk menimba ilmu dari para narasumber.” ucapnya.

Sementara itu, Deputi III Kepala Staf Kepresidanan Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis, Denni Puspa Purbasari dalam sambutan pembukaan itu menegaskan, anak-anak muda Indonesia saat ini harus mengambil tongkat estafet dari generasi tua.

“Seri KSP Goes to School Entrepreneurs Wanted! kali ini menyambangi Indonesia Timur. Kami ingin menggerakkan pertumbuhan entrepreneur baru dari Makassar dan sekitarnya,” kata dia

Data KSP menunjukkan jumlah pengusaha di Indonesia sangat tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Persentase pengusaha dibandingkan jumlah penduduk Indonesia baru mencapai 3,1 persen jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 7 persen dan Malaysia 5 persen. Sumber lain bahkan menyebutkan angka pengusaha di Indonesia belum menyentuh 2 persen dari jumlah penduduk.

Perlu upaya serius dan terencana untuk mendorong tumbuhnya minat kewirausahaan, terutama di kalangan anak-anak muda. Hadirnya pengusaha-pengusaha baru mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas, diiringi penciptaan lapangan pekerjaan baru.

Kantor Staf Presiden bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi, Universitas Hasanuddin, Telkom Indonesia menyelenggarakan kegiatan yang disebut ‘Enterpreneurs Wanted!’ dengan menghadirkan pengusaha yang telah berhasil membangun bisnisnya di Indonesia.

Makassar merupakan kota yang ketujuh penyelenggaraan kegiatan ini sepanjang tahun 2017. Sebelumnya, KSP telah menggelar event serupa dengan pembicara berbeda-beda di Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Padang, Sidoarjo, dan Bogor.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: