Unhas Peringkat IX di Klaster I

Unhas Peringkat IX di Klaster I

Kabar Makassar — Mengantongi nilai skor 2,96, Universitas Hasanuddin (Unhas) berada di peringkat IX Klasterisasi perguruan tinggi negeri se-Indonesia. UGM yang mengantongi nilai skor 3,66 memuncaki kelompok klaster ini sesuai data Kemenristek Dikti 2017 yang diperoleh melalui media online.

Metode penilaian klasterisasi ini, persentase dosen S-3 di atas 50% memperoleh skor 4. Lebih kecil dari itu, turun secara proporsional. Persentase dosen Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) di atas 40% memperoleh skor 4, lebih kecil dari itu, turun secara proporsional. Rasio mahasiswa-dosen 17:33 skor 4. Rasio 5, ratio 70, skor 0. Selainnya, naik turun secara proporsional.

Baca juga :   Rendahkan Status Sosial Orangtua, Ini Penjelasan Ketua STAIN Parepare

Kriteria sumber daya manusia (SDM), IPB menempati peringkat I, dan UNM ke-5. Unhas tidak termasuk di antara 10 besar perguruan tinggi negeri katagori ini.
Kategori kelembagaan, UGM masih teratas, Unhas ke-9. Kriteria penilaian, perguruan tinggi akreditasi A memperoleh skor 4, akreditasi B skor 3, dan akreditasi C mengantongi nilai 2. Perguruan tinggi yang tidak terakreditasi memperoleh nilai 0 (nol).

Baca juga :   Kejadian Bersejarah di Bulan Oktober

Skor program studi (prodi) terakreditasi internasional jika 10 prodi meraih skor 4, lebih kecil turun secara proporsional. Unhas menempati peringkat VII kategori penelitian dan pengabdian pada masyarakat. ITB berada di puncak kategori ini.

Kriteria penilaian mencakup penelitian dan publikasi dan kinerja penelitian dilakukan oleh Tim Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) dengan skor 0-4. Kinerja pengabdian masyarakat juga dinilai DP2M dengan nilai skor berkisar 0-4.

Baca juga :   Alumni Politik Unhas Datangkan Komisaris Utama BRI

Soal publikasi, mencakup data jumlah publikasi ilmiah terindeks Scopus diakses dari database Scopus periode 5 tahun terakhir. [MDA]