Tugas Baru Luis Milla Usai di Tahan Imbang Puerto Rico

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. [bola.net]

Kabar Makassar— Mendapatkan hasil imbang 0-0 saat menjamu tim Nasional Puerto Rico di Stadion Mangunharjo, Sleman Jogyakarta pada hari Selasa, 13 Juni 2017 lalu. Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla serasa mendapatkan tantangan baru untuk melakoni laga-laga penting Juli 2017 mendatang.

Belum puas dengan hasil imbang melawan Timnas Puerto Rico, Milla akan mencoba kembali menguji para pemain Timnas U-23 pada laga Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 pada 19-23 Juli 2017 di Bangkok, Thailand. Pelatih asal Spanyol tersebut merasa optimis bisa mendapatkan kemenangan untuk Timnas Indonesia, bahkan ia pun berencana kembali memakai jasa Stefano Lilipaly di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017.

Stefano Lilipaly mengatakan jika sejak pertama kali berlatih bersama pemain-pemain muda dirinya sangat senang dan bisa menikmatinya, apalagi beberapa para pemain muda yang bertalenta. Ditangan Luis Milla ia pun mendapatkan tempat dari lima pemain Timnas Senior yang nantinya ikut berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017.

Baca juga :   Pertina Sulsel Utus 12 Petinju Junior di Kejurnas Kupang

“Latihan taktikal sangat bagus, dan kita bisa lihat tadi di pertandingan kalau teman-teman sudah bermain bagus. Dan di tim isinya pemain-pemain muda punya potensi dan saya yakin mereka bisa bermain bagus di kompetisi berikutnya,” tukas pemain naturalisasi asal Belanda ini dikutip dari situs resmi PSSI.org

Sementara itu Luis Milla kembali melakukan latihan untuk 35 pemainnya dimana diantaranya ada 5 pemain senior dan sisanya para pemain muda. Dikabarkan pula jika para pemain asuhan Milla akan menjalani pemusatan latihan di Bali. Para pemain akan melakukan training centre selama 11 hari di Bali mulai 30 Juni 2017 dan kemudian bertolak ke Thailand untuk mulai berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2018.

Dua laga ujicoba Internasional telah dilakoni sebelumnya oleh Timnas Indonesia dan meraih kemenangan atas Kamboja 2-0 di stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja dan melawan Puerto Rico di Indonesia dengan hasil imbang 0-0.

Baca juga :   Skuat Muda PSM Siap Ikuti Kompetisi LIGA U19

Milla mengatakan tidak akan banyak memanggil pemain senior di Timnas, ia hanya memanggil lima orang termasuk Stefano yang bermain bagus. Bahkan ia sudah mengantongi nama-nama pemainnya tersebut.

“Saya sudah memiliki daftar 30 sampai 35 pemain yang saya pilih nanti. Setelah Idul Fitri kami akan ke Bali dan saya sudah membuat daftar pemain yang akan saya serahkan kepada PSSI. Kami akan berlatih di sana supaya lebih baik lagi, supaya permainan menjadi lebih menyatu lagi,” kata Luis Milla.

Bahkan Milla mengatakan saat timnya melawan Puerto Rico ia sangat senang dan mampu menciptakan banyak peluang meski hanya bisa mencetak dua gol dalam dua laga uji coba sebelumnya. Ia pun harus terus bekerja keras dan ia akan membawa Timnas Indonesia juara.

Baca juga :   Hari Difabel Internasional, Pendaki Difabel Akan Taklukkan Gunung Sesean

Pelatih asal Spanyol tersebut dinilai kuat dalam mengatur sektor pertahanan, dalam laga sebelumnya diujicoba kiper Timnas yang dikawal Kurnia Meiga tak mengalami kebobolan sama sekali. Bahkan pemain belakang Timnas yang dikawal oleh Gavin Kwan, Fachruddin Aryanto, Bagas Adi, dan Rezaldy Hehanusa.

Formasi yang digunakan oleh Luis Milla yakni 4-3-3 diyakini mampu untuk membawa perubahan bagi tim yang dikomandoi oleh sang Kurnia Meiga. Meski tanpa kebobolan, yang perlu dibenahi oleh Luis Milla yakni tinggal penyelesaian akhir dan hal tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi oleh sang juru taktik Timnas Indonesia itu.

Penulis: Fritz Wongkar
Editor: Dim