“Totosik” Mitos Pertanda Datangnya Kematian di Toraja, Benarkah ?

KabarMakassar.com,Toraja — Beberapa hewan memiliki tingkah laku yang berbeda dari biasanya yang secara tiba-tiba muncul di halaman rumah maupun masuk kedalam rumah kita. Mitos dari sebagian orang Toraja yang mempercayai jika muncul suara hewan yang aneh, dianggap membawa malapetaka bahkan ada juga yang menganggap hal itu pertanda baik di lingkup keluarganya.

Di Toraja jika adanya hewan jenis burung hantu atau disebutnya “Totosik” jika suaranya terdengar keras pada malam hari pertanda akan datangnya kematian. Hal itu diyakini sebagian orang toraja terlebih hinggap di rumah Tongkonan.

Totosik merupakan hewan Noktural (beraktifits malam), jenis burung ini jauh dari permukiman warga. Namun secara tiba-tiba muncul pada malam hari dirumah-rumah warga dan hadir dengan suara yang cukup keras yang membuat warga dilingkup terebut takut. Tak hanya itu diyakini pula sebagian orang jika suara Totosik muncul berarti didalam keluarga tersebut ada yang meninggal atau warga disekitaarnya.

Baca juga :   SYL Resmikan Pengoperasian PLTU IIIA Jeneponto

Entah mengapa saat ini masih saja ada yang meyakini jika hal tersebut dianggap benar. Bahkan orang-orang dulu di Toraja mempercayai hal-hal tersebut jika seekor Totosik membawa berita malapetaka. Mitos tersebut kini sudah perlahan mulai hilang seiring perkembangan jaman, sehingga hadirnya totosik dimalam hari bagi orang toraja kini dianggap sudah biasa.

Tidak hanya Totosik beberapa jenis burung lainnya di Toraja pun kerap dijadikan hal keramat dan juga sebagai pertanda kematian. Ada beberapa jenis burung selain Totosik yakni burung Elang orang toraja menyebutnya “Karrak” dan Burung Gagak Hitam disebut “Kadoaya” keduanya juga memiliki suara yang cukup kersas dan menyeramkan dan sesekali masuk diperkampungan warga dan Mitos jika burung tersebut hadir dianggap membawa berita kematian.

Baca juga :   Silaturahmi SYL dengan Mantan Pejabat Pemprov

Sementara jika mitos-mitos lain di Toraja jika jenis burung Totosik, Kadoaya dan juga Karrak dianggap keramat jika muncul di rumah warga. Masih ada hewan lain yang dianggap membawa kabar baik jika hinggap dirumah-rumah, semisal Kupu-Kupu orang Toraja menyebutnya “To Ratu” jika datang pada malam hari dengan ukuran besar disebutnya ada orang jauh datang kerumah.

Baca juga :   Dahului Pemerintah, Jamaah An Nadzir Lebaran Hari Ini

Selain itu Ular Hijau pun demikian jika tiba-tiba masuk kerumah, dikatakan orang Toraja jangan dibunuh karena akan ada tamu atau keluarga jauh datang kerumah dan menjadi pertanda baik.

Benar atau tidak atau memang secara kebetulan untuk menghubung-hubungkan hal tersebut, tetapi masih banyak yang mempercayai mitos-mitos tersebut. Namun hal ini kita kembali kepada yang Maha Kuasa yang menentukan kehidupan kita sebagai umat manusia yang beragama. [Berbagai sumber]