Tiap Tahun Jakarta Turun 12cm,Mungkinkan Jakarta Akan Tenggelam ?

Tiap Tahun Jakarta Turun 12cm,Mungkinkan Jakarta Akan Tenggelam ?

Tiap Tahun Jakarta Turun 12cm,Mungkinkan Jakarta Akan Tenggelam ?

kabarmakassar--Tanah Jakarta turun sampai 12 cm setiap tahun. Sebagian kawasan dekat pantai di utara ibukota bahkan sudah berada di bawah level permukaan air.

Saya dengar, jika tak segera ditangani, dalam hitungan tahun air dari sungai-sungai yang bermuara di teluk Jakarta tak lagi mengalir ke laut, tapi menghempas di muara lalu berbalik.

Sungguh sulit dibayangkan, tapi Anda yang kerap melintas di ujung Jalan Gunung Sahari, atau keluar tol dalam kota menuju pusat-pusat belanja di Mangga Dua, atau mungkin hendak pelesiran ke rumah Alex... #eh tentu pernah melihat limpasan air di kanal depan Ancol. Itu rob, air laut yang naik ke daratan.

 

Masih cukup jauh dari rumah saya di Tebet, Jakarta Selatan, tapi saya belum siap berumah di pinggir pantai hehe.

Karena itulah, saya antusias melihat foto ini: kondisi terkini tanggul laut atau pengaman pantai di pesisir Jakarta. Di kiri adalah laut, dan kanan wilayah ibukota.

Pengamanan pantai yang sedang dibangun untuk mencegah banjir rob itu kabarnya mencapai panjang total 120 km, terdiri dari tanggul pantai dan tanggul muara. Sebagian dikerjakan oleh pemerintah pusat, sebagian oleh provinsi. Entah kapan selesai.

Penulis : Tomy Lebang

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close