Tambahan 15 Kasus Baru, Bukti OTG Covid-19 di Makassar Semakin Banyak

Ilustrasi - pixabay

KabarMakassar.com — Jumlah kasus positif Covid-19 di Sulsel bertambah sebanyak 30 kasus baru. Dengan begitu, hingga Senin (6/4) pukul 18.06 WITA, total jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel sudah menembus angka 112 orang (82 dirawat; 21 sembuh; 9 meninggal).

Dari total tambahan 30 kasus baru tersebut, 50 persen atau 15 diantaranya berada di Kota Makassar.

“15 tambahan kasus baru di Makassar ini semuanya local transmission (penularan lokal). Ini harus menjadi perhatian warga Sulsel khususnya Kota Makassar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari melalui video conference, Senin (6/4) malam.

Menurut Ichsan, kondisi ini juga menunjukkan bahwa ada orang yang terpapar Covid-19 namun tidak menunjukkan gejala (Orang Tanpa Gejala/ OTG), yang masih belum terdeteksi dan menjadi carrier penyebaran virus ini ke warga lainnya di Makassar.

“Local transmission di Makassar ini sudah dengan pasangan (suami-istri), kerabat, teman. Ini menunjukkan bahwa tetap di rumah saja tidak

cukup, harus juga benar-benar disiplin menerapkan physical distancing (jaga jarak) sesama anggota keluarga di rumah. Karena kalau kita lihat data jumlah kasus, ini tanda bahwa OTG makin banyak,” ujarnya.

Olehnya itu, Ichsan kembali mengimbau masyarakat dan seluruh elemen di Sulsel khususnya Kota Makassar, untuk terus melakukan penguatan-penguatan pelaksanaan imbauan pemerintah terkait physical distancing (menjaga jarak), tetap di rumah, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah.

“Saya kembali mengingatkan bahwa 80 persen keberhasilan pencegahan penyebaran Covid-19 ini tergantung dari kepatuhan kita bersama untuk melakukan physical distancing dan hal-hal lainnya yang menjadi imbuan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus ini,” tuturnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data yang dirilis di laman https://covid19.sulselprov.go.id/, hingga Senin (6/4) pukul 18:06 WITA, jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Makassar totalnya tercatat sudah sebanyak 112 orang; Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 282 orang (250 dirawat, 21 sehat, 11 meninggal); dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.308 orang (1,645 proses pemantauan, 663 selesai pemantauan).

Reporter :

Editor :

Firdaus

Redaksi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI